Analisis Peranan Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 18 Kota Jambi.

Azizi, Ainun (2023) Analisis Peranan Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan di SMP Negeri 18 Kota Jambi. S1 thesis, Fkip.

[img] Text
Bismillah Skripsi Finis-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover, pernyataan dan abstrak.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Azizi, Ainun, (2023). Analisis peranan kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Administrasi Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Bradley Setiyadi S. Pt., M. Pd, Pembimbing (II) Musyaiyadah M. Pd.I. Kata Kunci : Peranan Kepala Sekolah, Kinerja Tenaga Kependidikan Berdasarkan permasalahan yang terdapat dilapangan bahwa peranan kepala sekolah dibutuhkan pada tenaga kependidikan berhubung pada bidang administrasi kesiswaan pada saat pengumpulan data-data siswa yang memakan waktu yang lama dan juga staf tata usaha serta guru banyaknya di bebankan admintrasi baik pengadministrasian online maupun offline. Tujuan penelitiam ini untuk mengetahui bagaimana peranan seorang kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 18 Kota Jambi. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa kepala sekolah bertugas memberikan bimbingan, bantuan, pengawasan dan penilaian pada masalah-masalah yang berhubungan dengan teknis penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan pengajaran yang berupa perbaikan program dan kegiatan pendidikan pengajaran untuk dapat menciptakan situasi belajar mengajar, sedangkan tenaga kependidikan merupakan anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian pendekatan kualitatif dengan penelitian dasar dan murni, subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kinerja kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan di SMP Negeri 18 Kota Jambi yang dilihat dari bagaimana staf tenaga kependidikan menjalankan tugas-tugasnya tersebut, (2) pada bagian pengadministrasian secara online maupun offline masih terkendala dikarenakan banyaknya unsur pengisian datanya. Dan juga pada saat pengumpulan data siswa/I SMP Negeri 18 Kota Jambi dapat timbulnya kendala pada saat siswa/I tersebut lama mengumpulkan berkas yang akan di kelolah bagian tenaga kependidikan. Akan tetapi dengan banyaknya tugas yang diberikan bagian tenaga kependidikan di SMP Negeri 18 Kota Jambi ini tetap dapat mengatasinya dengan baik. Dari kepala sekolah bagian tenaga kependidikan ini di berikan motivasi secara lansung atau pun secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi hasil kinerja yang masing-masing indivudu terutama bagian staf tenaga kepedidikan di SMP Negeri 18 Kota Jambi

Type: Thesis (S1)
Depositing User: AZIZI
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:54
Last Modified: 06 Sep 2023 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55506

Actions (login required)

View Item View Item