PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI SISWA SMA

Yolanda, Noverina Lola (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI SISWA SMA. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI SISWA SMA.

[img] Text
8. DAFTAR ISI.docx

Download (22kB)
[img] Text
1. sampul.docx

Download (47kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.docx

Download (303kB)
[img] Text
12. BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
16. BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

Penilaian secara menyeluruh memiliki arti bahwa penilaian tidak hanya ditujukan pada penguasaan salah satu aspek tertentu saja, namun meliputi berbagai aspek. Ada tiga ranah yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan), maka penilaian dalam pembelajaran juga harus meliputi ketiga aspek tersebut. Instrumen atau perangkat penilaian memegang peranan penting dalam menentukan mutu penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengembangkan instrumen penilaian psikomotor peserta didik pada praktikum faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dan mengetahui respons pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor yang dikembangkan. Pengembangan instrumen ini meliputi uji kelayakan berdasarkan validasi ahli (materi dan konstruk) dan respons pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor yang dikembangkan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model yang dimodifikasi oleh Supardi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara kuantitatif menggunakan skala Likert dan kualitatif menggunakan analisis Cresswell. Validasi ahli materi dankonstruk masing-masing dilakukan sebanyak dua kali. Hasil dari respon pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor yang telah dikembangkan memiliki persentase untuk aspek materi 98%, konstruk 88%, objektivitas 93%, sistematis 92% dan praktikabilitas 94% sehingga berdasarkan aspek-aspek tersebut instrumen penilaian psikomotor memiliki kriteria sangat baik.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor pada praktikum faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dapat digunakan sebagai alat ukur untuk menilai kemampuan psikomotor peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOVERINA LOLA Y S
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:41
Last Modified: 27 Sep 2018 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item