MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 45/I SRIDADI

CAHYANI, WIDYA RISTA (2023) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA MUATAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 45/I SRIDADI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text
SKRIPSI WIDYA RISTA CAHYANI (A1D119150).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Cahyani, Widya Rista. (2023). Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Project Based Learning Pada Muatan IPA Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 45/I Sridadi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs.Faizal Chan, S.Pd., M.Si (II) Dr.Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Pemecahan Masalah, Project Based Learning, IPA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran project based learning pada muatan IPA di kelas V SDN 45/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan keterampilan pemecahan masalah siswa dan lembar observasi guru menerapkan model pembelajaran project based learning, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada muatan IPA terlihat dari pertemuan pada siklus I pertemuan pertama sebanyak 43,14%, siklus I pertemuan kedua 53,57% dengan peningkatan sebanyak 10%. Pada siklus II pertemuan pertama 64,57% dengan peningkatan 11% dan pertemuan kedua telah tercapai kriteria ketuntasan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti diperoleh sebesar 74,71%. Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada muatan IPA di kelas V SDN 45/I Sridadi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran project based learning. Hal ini dibuktikan pada pertemuan terakhir pada siklus I persentase keterampilan pemecahan masalah siswa yaitu53,57%, kemudian pada pertemuan terakhir siklus II persentase keterampilan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan menjadi 74,71% dari jumlah siswa sebanyak 35 orang. Maka tindakan yang diberikan melalui penerapan model pembelajaran project based learning berhasil dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Pemecahan Masalah, Project Based Learning, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: CAHYANI
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:39
Last Modified: 11 Sep 2023 06:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55567

Actions (login required)

View Item View Item