Devega, Shela Veronika (2023) PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI KARTUN ANIMASI BERBASIS BUDAYA LOKAL BERBANTUAN APLIKASI INSHOT DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Shela Veronika Devega_A1D119005.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (197kB) |
Abstract
Devega, Shela Veronika 2023: “Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Berbasis Budaya Lokal Berbantuan Aplikasi Inshot Di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing: (1) Drs. Faizal Chan., S.Pd. M.Si (2) Desy Rosmalinda S.Pd.,M.Pd Kata kunci: video edukasi kartun animasi, budaya lokal, aplikasi inshot Penelitian pengembangan video edukasi kartun animasi ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa video edukasi kartun animasi (2) mengetahui kevalidan dari video edukasi kartun animasi berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi inshot di sekolah dasar (3) mengetahui kepraktisan dari video edukasi kartun animasi berbasis budaya lokal berbantuan aplikasi inshot di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang digunakan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mempunyai lima tahapan yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN 251/VI Bungo Tanjung II. Data kevalidan penelitian diperoleh dari validasi materi dan media sedangkan data kepraktisan diperoleh dari angket pendidik dan peserta didik untuk melihat kepraktisan dari video edukasi kartun animasi berbasis budaya lokal. Hasil penelitian menunjukan bahwa ujicoba dari ahli media yaitu 96% dengan kategori “Sangat Valid” dan memperoleh hasil dari ahli materi tahap ke-1 yaitu 73,3 % dengan kategori “Valid” serta mendapatkan hasil dari tahapan ke-2 90% dengan kategori “Sangat Valid” sehingga dari pemerolehan data dari tim validator media yang telah dikembangkan dinyatakan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kepraktisan dari video edukasi kartun animasi didapatkan dari pengisian angket respon kepraktisan peserta didik dan guru, adapun hasil kepraktisan yang diperoleh dari pengisian angket peserta didik yaitu 91,9 % dengan kategori “Sangat Praktis” sedangkan hasil pengisian angket respon guru mendapatkan hasil 96,3 % dengan kategori “Sangat Praktis. Berdasarkan kesimpulan dapat disimpulkan bawa pengembangan video edukasi kartun animasi berbantuan aplikasi inshot di sekolah dasar sangat valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video edukasi kartun animasi, budaya lokal, aplikasi inshot |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Devega |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 02:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |