Meilani, Gia (2022) PENGEMBANGAN MOBILE ASSESSMENT BERBASIS HOTS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI SMA BERBANTUAN FITUR INSTAGRAM STORY (INSTASTORY) SEBAGAI MEDIA EVALUASI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi BAB 1-5 GIA MEILANI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Meilani, Gia. 2023. Pengembangan Mobile Assessment Berbasis HOTS pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMA Berbantuan Fitur Instagram Story (Instastory) sebagai Media Evaluasi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd., (2) Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata Kunci: Mobile Assessment, HOTS, Kesetimbangan Kimia, Instagram story, Evaluasi. Evaluasi merupakan alat ukur atau proses untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang telah dicapai oleh peserta didik atas bahan ajar atau materi-materi yang telah disampaikan sebelumnya. Dalam proses evaluasi guru menggunakan instrument, salah satunya berupa tes yang mencakup berbagai item atau serangkaian soal. Di era digitalisasi, jumlah pengguna internet terus meningkat dan sejalan dengan keterlibatan penggunaan media evaluasi yang berbasis elektronik atau digital dengan bantuan koneksi internet. Dalam proses pembelajaran maupun proses evaluasi, guru dituntut agar mampu mengimbangi dengan kondisi yang ada, salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial sebagai media dalam proses evaluasi siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk berupa instrument tes yang berbasis HOTS dengan ranah berrpikir yaitu C4 (Analisis) dan C5 (Evaluasi) dengan melibatkan media sosial di dalam penyebarannya. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data berupa lembar wawancara dan angket. Dari penelitian ini diperoleh 15 soal dengan kriteria valid dan tingkat reliabilitas sangat tinggi yaitu 0,925. Serta memenuhi kriteria valid berdasarkan aspek media dan materi yang meliputi aspek bahasa dan konstruk dengan skala masing-masing 4,167 (baik) dan 4,13 (baik). Berdasarkan penilaian guru dan respons siswa diperoleh skala 4,00 dan 4,14 sehingga dapat dikategorikan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Assessment, HOTS, Kesetimbangan Kimia, Instagram story, Evaluasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Meilani |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 04:46 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 04:46 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55712 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |