Pengembangan Model Pembelajaran Reflektif Etnobiologi Berbasisi Literasi Sains dan Argumentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa

Jon, Efriana (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Reflektif Etnobiologi Berbasisi Literasi Sains dan Argumentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. S3 thesis, Pascasarjana S3 Pendidikan MIPA.

[img] Text
DISERTASI TERBUKA EFRIANA JON FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER DISERTASI EJ.docx.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Halaman persetujuan Pro-co EJ.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan Ej.pdf

Download (544kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)

Abstract

ABSTRAK Efriana Jon, 2023. Pengembangan Model Pembelajaran Reflektif Etnobiologi Berbasisi Literasi Sains dan Argumentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Berpikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar bisa memecahkan berbagai permasalahan yang ditemukan saat proses pembelajaran serta dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pendidikan biologi di IAIN Kerinci belum berkembang dengan baik hal ini terlihat dari studi pendahuluan yang menggambarkan kemampuan kreatif mahasiswa masih tergolong rendah. Model reflektif merupakan model yang dapat mengarahkan pembelajaran mahasiswa berdasarkan pengalamannya sehingga akan lebih efisien jika dalam pengaplikasiannya diintegrasikan dengan etnobiologi serta berbasis literasi sains dan argumentasi untuk meningkatkan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiwa calon guru biologi melalui pengembangan konseptual. Pengembangan model reflektif etnobiologi kerinci ini dikembangkan berdasarkan prosedur Lee and Jang (2014) dengan pendekatan hybrid. Terdapat dua tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini tahap pertama, pengembangan konseptual yaitu prosedur penyusunan konsep pengembangan model reflektif etnobiologi dan tahap kedua, penelitian eksperimen untuk melihat dampak implementasi pengembangan model reflektif etnobiologi terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Analisis prosedur pengembangan konseptual melalui proses konstruksi dan validasi. Tes dalam bentuk uraian diberikan kepada 40 responden mahasiswa semester 1 pendidikan biologi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, homogenitas, uji-t dan uji two way anava dilakukan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Hasil menunjukkan bahwa prosedur penyusunan konsep dan analisis tahapan pengembangan internal dan eksternal sesuai prosedur dan implementasinya. Penelitian eksperimen menghasilkan peningkatan terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif. Selanjutnya juga terdapat pengaruh literasi sains terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Serta tidak ada pengaruh antara argumentasi terhadap kemampuan berpikir kreatif. Terdapat interaksi antara model pembelajaran reflektif etnobiologi dan literasi sains dan argumentasi terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Kata Kunci: model reflektif, etnobiologi, literasi sains, argumentasi, berpikir kreatif.

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > S3 Pendidikan MIPA
Depositing User: JON
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:11
Last Modified: 12 Sep 2023 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55746

Actions (login required)

View Item View Item