ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM IPA TERPADU DI DUA SMP NEGERI KOTA JAMBI

MARCELLA, ZHEKA ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM IPA TERPADU DI DUA SMP NEGERI KOTA JAMBI. JURNAL ANALISIS HAMBATAN PELAKSANAAN PRAKTIKUM IPA TERPADU DI DUA SMP NEGERI KOTA JAMBI.

[img] Text
1. COVER 1.pdf

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (475kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI-converted.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK Marcella, Zheka. 2018. Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum IPA Di Dua SMP Negeri Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si (II) Rahma Dani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hambatan, Praktikum, Pelaksanaan, Laboratorium, Mix methods Agar kegiatan praktikum berjalan sesuai tujuan dengan apa yang diinginkan, membutuhkan sarana laboratorium yang memadai dan sebuah bahan ajar yang relevan, antara lain dalam bentuk petunjuk praktikum. Petunjuk praktikum diperlukan agar kegiatan praktikum dapat berjalan lancar, tujuan utama dapat tercapai, harus berisi keselamatan kerja untuk memperkecil resiko kecelakaan yang mungkin terjadi dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan praktikum IPA terpadu yang dihadapi guru dan siswa di SMP Negeri X dan Y Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 17 Kota Jambi dan SMP Negeri 19 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran IPA terpadu dan siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi dan SMP Negeri 19 Kota Jambi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 133 siswa dan dua orang guru pengampu mata pelajaran IPA terpadu. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket siswa tentang pelaksanaan praktikum IPA dan lembar pedoman wawancara kepada guru. Pada tahapan menganalisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan menggunakan model miles dan huberman untuk data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktikum IPA terpadu sebesar 64% di SMP Negeri 17 kota Jambi dan sebesar 66% di SMP Negeri 19 Kota Jambi termasuk kategoris baik, yang berarti bahwa pelaksanaan praktikum IPA Terpadu di kedua sekolah tidak mengalami hambatan saat melaksanakan praktikum dan ada sekitar 28% siswa yang tidak setuju pelaksanaan praktikum IPA termasuk kategoris baik yang berarti ada 28% siswa yang mengalami hambatan pelaksanaan praktikum IPA di SMP Negeri 17 Kota Jambi dan 24% siswa yang mengalami hambatan pelaksanaan praktikum di SMP 19 Kota Jambi. Sedangkan dari hasil wawancara diperoleh Permasalahan yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan praktikum IPA di SMP Negeri 17 Kota Jambi yaitu tidak cukup waktu untuk melaksanakan praktikum, alat yang tidak memadai, serta sulitnya mengkondisikan siswa saat pelaksanaan praktikum. Begitu juga dari hasil wawancara guru di SMP Negeri 19 Kota Jambi yang menyatakan bahwa ruang laboratorium sering digunakan untuk pertemuan sehingga praktikum dilakukan di kelas dan alat- alat praktikum banyak yang rusak. Berdasarkan hasil keseluruhan yang didapat dalam penelitian Analisis ini maka dapat disumpulkan bahwa Yang menjadi penghambat bagi siswa di dua sekolah ini untuk melakukan praktikum adalah suasana praktikum yang tidak kondusif serta waktu yang ditentukan untuk praktikum tidak cukup, kebanyakan alat yang terdapat dilaboratorium tidak memadai, serta laboratorium yang terkadang digunakan bersamaan dengan mata pelajaran lain.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ZHEKA MARCELLA
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:27
Last Modified: 27 Sep 2018 08:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5588

Actions (login required)

View Item View Item