Syah, Ardo Alen (2023) Pengembangan Trainer Kit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sebagai Media Pembelajaran Di Laboratorium Konversi Energi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (439kB) |
Abstract
Program Studi Teknik Elektro Universitas Jambi memiliki laboratorium konversi energi, serta mempunyai fasilitas komponen utama sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), namun belum memiliki trainer PLTS sebagai media pembelajaran. Ketersedian trainer PLTS memiliki manfaat dalam peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan membuat trainer PLTS sebagai media pembelajaran pembangkit energi terbarukan pada laboratorium konversi energi. Pada penelitian ini terdapat dua tahap pengembangan, yaitu pengembangan trainer kit PLTS dengan bentuk portable dan petunjuk pengoperasian. Model pengembangan trainer dan petunjuk pengoperasian menggunakan metode ADDIE. Hasil penelitian yang diperoleh pada bagian trainer PLTS memiliki bentuk portabel yang terdapat : panel surya 10 WP, solar charge controller 10 A, inverter 500 W, baterai 7,5 Ah, voltmeter DC, voltmeter AC, mini circuit breaker, kotak kontak dan kabel jumper. Berdasarkan hasil pengujian, pengukuran dan analisa data yang telah dilakukan, modul surya 10Wp mengisi baterai 7,5Ah selama 11 jam dengan energi maksimum sebesar 5,11 WP. Penggunaan inverter berkapasitas 500 W dengan baterai 7,5 Ah pada trainer PLTS dapat bertahan selama 37 menit dengan total beban 63 W. Trainer PLTS dapat mendukung media pembelajaran dengan terdapat 3 bagian petunjuk pengoperasian yaitu : pengenalan alat trainer kit PLTS, pengujian pengisian baterai dan pengujian modul inverter. Hasil uji kelayakan trainer kit PLTS mendapatkan skor dari ahli media dengan rata-rata 92% kategori sangat layak, skor dari ahli materi dengan rata-rata 93% kategori sangat layak, dan penilaian dari responden terhadap penggunaan trainer dengan rata-rata 97% kategori sangat layak dan petunjuk praktikum dengan rata-rata 90% kategori sangat layak. Kata Kunci : PLTS, Trainer, Media Pembelajaran Jambi University's Electrical Engineering Study Program has an energy conversion laboratory, and has facilities for the main components of a solar power generation system (PLTS), but does not yet have a PLTS trainer as a learning media. The availability of PLTS trainers has benefits in improving the quality of learning. This study aims to design and create a PLTS trainer as a learning media for generating renewable energy in an energy conversion laboratory. In this study there were two stages of development, namely the development of a portable PLTS trainer kit and the development of operating instructions. The trainer development model and operating instructions use the ADDIE method.The research results obtained in the PLTS trainer section have a portable form which includes: 10 WP solar panels, 10 A solar charge controller, 500 W inverter, 7.5 Ah battery, DC voltmeter, AC voltmeter, mini circuit breaker, contact box and jumper wires . Based on the results of tests, measurements and data analysis that has been carried out, the 10Wp solar module charges a 7.5Ah battery for 11 hours with a maximum energy of 5.11 WP. The use of an inverter with a capacity of 500 W with a 7.5 Ah battery on the PLTS trainer can last for 37 minutes with a total load of 63 Ws. PLTS trainers can support learning media with 3 sections of operating instructions, namely: introduction to the PLTS trainer kit, battery charging testing and inverter module testing. The results of the feasibility test for the PLTS trainer kit obtained scores from media experts with an average of 92% in the very feasible category, scores from material experts with an average of 93% in the very feasible category, and respondents' assessment of the use of trainers with an average of 97% in the very category feasible and practicum instructions with an average of 90% very feasible category. Kata Kunci : PLTS, Trainer, Learning Media.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : PLTS, Trainer, Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Syah |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 06:29 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 06:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |