Siboro, Lusya (2023) PENGEMBANGAN E- MODUL METODE ILMIAH BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK SMA MELALUI PROYEK PEMBUATAN TELOR ASIN ANEKA RASA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
Abstract
e-Modul ajar merupakan badan kurikulum merdeka yang mana pengganti rencana pembelajaran. Modul ajar kurikulum merdeka merupakan pengganti RPP yang berformat dan bersifat variative yang meliputi materi atau konten pembelajaran, metode pembelajaran, interprestasi, dan teknik mengevaluasi yang disusun secara sistematis dan memukau untuk mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Guru mengembangkan modul ajar sebelum melakukan pembelajaran di dalam kelas. Salah satu fungsi modul ajar untuk mengurangi beban guru dala menyajikan konten sehingga guru dapat memiliki banyak waktu untuk menjadi tutor dan membantu siswa pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e�Modul Ajar berorientasi chemo-entrepreneurship pada materi metode ilmiah yang dinilai layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Lee & Owens dengan tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner analisis kebutuhan, penilaian guru, respon siswa, respon uji hedonik, lembar wawancara, lembar validasi ahli media dan ahli materi. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kepada siswa dalam bentuk uji perorangan berjumlah tiga orang dan uji kelompok kecil berjumlah sepuluh orang untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian diperoleh kelayakan e-Modul Ajar Metode Ilmiah berdasarkan validasi ahli materi, ahli media dan penilaian guru dinyatakan bahwa media sudah baik dan layak diujicobakan, didukung oleh data kuantitatif hasil respon siswa pada uji coba satu-satu 85,2% (sangat baik) dan respon siswa uji coba kelompok kecil 85,1% (sangat baik). Berdasarkan data yang didapatkan maka dapat disimpulkan bahwa e-Modul Ajar Metode Ilmiah berorientasi chemo�entrepereneurship dinyatakan sudah layak dan baik sehingga media dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: e-Modul Ajar, chemo-entrepreneurship, Metode Ilmiah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Siboro |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 08:01 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 08:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |