Kemampuan Membaca Indah Puisi Pada Siswa Kelas VII MTS Al- Khairiyah Kota Jambi

ILYAS, ILYAS Kemampuan Membaca Indah Puisi Pada Siswa Kelas VII MTS Al- Khairiyah Kota Jambi. JURNAL Kemampuan Membaca Indah Puisi Pada Siswa Kelas VII MTS Al- Khairiyah Kota Jambi.

[img] Text
Cover.docx

Download (29kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Ilyas, 2014. Kemampuan Membaca Indah Puisi Pada Siswa Kelas VII MTS Al- Khairiyah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M. Hum., Ph.D., (11) Dr. Kamarudin, M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Indah, Puisi. Puisi adalah salah satu bentuk karya sastra yang diwujudkan dengan kata- kata indah dan bermakna dalam. Dibanding dengan karya-karya sastra lain, puisi termasuk kedalam kategori karya sastra yang paling tua. Sebab, kemunculannya sudah lebih dulu daripada karya-karya sastra yang lain”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca indah puisi pada siswa kelas VII MTS Al-Khairiyah Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian dengan menggunakan metode deskriftif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat dan megkaji tingkat kemampuan membaca indah puisi siswa kelas VII MTS Al-Khairiyah Kota Jambi, Analisis data secara deskriptif dilakukan dengan menguraikan kondisi kemampuan siswa dalam membaca puisi yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase berdasarkan pada hasil tes kemampuan siswa dalam membaca puisi dengan 4 indikator penilaian yaitu, irama, volume suara, mimik, dan kinestik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kemampuan siswa kelas VII MTS Al-Khairiyah Kota Jambi dalam membaca indah puisi menggunakan irama tergolong sedang, kemampuan menggunakan volume suara tergolong baik, kemampuan menggunakan mimik dalam membaca indah puisi tergolong baik, dan kemampuan menggunakan kinestik dalam membaca indah puisi tergolong baik. Secara keseluruhan hasil dari keseluruhan indikator kemampuan membaca indah puisi pada siswa kelas VII MTS Al-Khairiyah Kota Jambi tergolong baik, tetapi perlu adanya peningkatan lagi agar mendapatkan hasil yang lebih bagus. Berdasarkan hasil penelitian, maka perlu kiranya adanya peningkatan kemampuan membaca indah puisi sesuai dengan indikator penilaian membaca indah sehingga siswa dapat memberikan apresiasi terhadap karya sastra dan memperlancar kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. membangkitkan dan mendorong siswa agar lebih dilatih lagi pembacaan puisinya dalam membaca indah puisi di depan kelas khususnya kelas VII.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ILYAS
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:35
Last Modified: 28 Sep 2018 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5602

Actions (login required)

View Item View Item