Pengembangan e-modul Berbasis Creative Problem Solving Pada Materi Reaksi Redoks Kelas XII

SIMATUPANG, HERMINA (2023) Pengembangan e-modul Berbasis Creative Problem Solving Pada Materi Reaksi Redoks Kelas XII. Jurnal Pendidkan.

[img] Text
HERMINA SIMATUPANG_A1C119058_SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI HERMINA.pdf

Download (536kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan Hermina.pdf

Download (121kB)
[img] Text
SURAT PENGESAHAN SIDANG HERMINA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI HERMINA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI HERMINA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI HERMINA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAPUS SKRIPSI HERMINA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Simatupang, Hermina 2023. “ Pengembangan e-modul Berbasis Creative Problem Solving Pada Materi Reaksi Redoks KelasXII”. Skripsi,Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Ketenaga pendidikan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes. (II) Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci : e-modul, Pembelajaran Berbasis Creative Problem Solving,Berpikir Kreatif, Reaksi Redoks e-modul merupakan suatu media pembelajaran mandiri dan praktis yang dikemas secara elektronik yang dapat diakses melalui web atapun aplikasi yang selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan pembelajaran abad-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis creative problem solving pada materi reaksi redoks kelas XII SMA, serta mengetahui kelayakan secara konseptual, penilaian tenaga pendidik, dan respon peserta didik terhadap e-modul berbasis creative problem solving yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Lee and Owens yang terdapat dalam lima tahapan yaitu : Assesment/ analysis yang terdiri dari dua bagian yaitu analisis kebutuhan (need analysis) dan analisis awal akhir (front and analysis), desain (design), pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan terakhir evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan (development), yaitu uji coba kelompok kecil sebanyak sepuluh orang peserta didik kelas XII IPA 3 SMA N 13 Kota Jambi. Teknik analisis yang digunakan ada dua, yaitu : analisis kuantitatif (berupa skor dan persentase yang diperoleh) dan analisis kualitatif ( berupa saran dan komentar. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa e-modul berbasis creative problem solving pada materi reaksi redoks khususnya subbab materi penyetaraan reaksi redoks, yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi dengan rerata skor 3,9 dan persentase 97,5 % dan 3,8 dan persentase 95 % yang termasuk pada kategori “sangat layak“ sehingga dapat diujicobakan. Hasil dari penilaian tenaga pendidik diperoleh rerata skor 3,8 dengan persentase 96 % dengan kategori “sangat baik”. Hasil angket respon peserta didik dengan persentase 94,1 % dengan kategori “ sangat baik “. Berdasarkan proses pengembangan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis creative problem solving pada materi reaksi redoks kelas XII sudah layak diimplementasikan dalam pembelajaran kimia.

Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-modul, Pembelajaran Berbasis Creative Problem Solving,Berpikir Kreatif, Reaksi Redoks
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SIMATUPANG
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:11
Last Modified: 19 Sep 2023 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56029

Actions (login required)

View Item View Item