Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Teknik Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMAN 9 Kota Jambi

Tiarasalfi, Putri Adri (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Teknik Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMAN 9 Kota Jambi. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
Putri Adri Tiarasalfi_A1C119070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN PUTRI ADRI TIARASALFI.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji model pembelajaran teknik Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam dikelas XI MIPA di SMAN 9 Kota Jambi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran (mix method) dengan menggunakan dua jenis data yaitu kualitatif dan data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan Teknik random sampling,yang mana sampel yang digunakan oleh peneliti didasarkan pada hasil wawancara guru mata pelajaran kimia,yaitu kelasXI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Group Investigation dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Learning. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar tes dan non test. instrumen penilaian aktivitas guru dalam penggunaan model Group Investigation terhadap hasil belajar siswa, instrument penilaian keterampilan dan afektif siswa berdasarkan sintak model pembelajaran Group Investigation. Dari penelitian yang dilakukan pada test essai ranah kognitif rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 81,69% sedangkan pada kelas kontrol 68,13%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa secara keseluruhan dapat dikatakan baik sehingga penggunaan model Group Investigation boleh jadi menjadi salah satu faktor pemicunyaUntuk mengetahui efektivitas penggunaan model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam dikelas XI MIPA di SMA N 3 Kota Jambi dilakukan t-Test: Paired Two Sample for Means. Persentase hasil belajar siswa pada penerapan model GI diperoleh bahwa hasil thitung lebih besar dari ttabel yaitu 31,2626 > 1,667. Maka Ho ditolak dan Ha diterima.Hasil penelitian disimpulkan terdapat pengaruh efektif perlakuan model Group Investigation terhadap hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiarasalfi
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:08
Last Modified: 18 Sep 2023 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56068

Actions (login required)

View Item View Item