PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM SIFAT-SIFAT KOLOID SISWA SMA

Setiawati, Marni (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM SIFAT-SIFAT KOLOID SISWA SMA. PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PELAKSANAAN PRAKTIKUM SIFAT-SIFAT KOLOID SISWA SMA. (In Press)

[img] Text
4. DAFTAR ISI,TABEL,GAMBAR,LAMPIRAN.docx

Download (28kB)
[img] Text
10. BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (46kB)
[img] Text
6. BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx

Download (78kB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan, dan pelaksanaan proses pembelajaran, serta penilaian hasil dan pengawasan proses pembelajaran, (Permen No 32 tahun 2013). Penilaian dilakukan menggunakan instrumen, instrumen yang diperlukan mencakup tiga aspek sesuai dengan taksonomi Bloom. Penilaian aspek psikomotor peserta didik dapat dilakukan dengan mengamati unjuk kerja dalam melaksanakan kegiatan di laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui respon pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor peserta didik pada materi sifat-sifat koloid. Pengembangan instrumen meliputi uji kelayakan berdasarkan validasi ahli (materi dan konstruk) dan respons pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor yang dikembangkan. Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model yang dimodifikasi oleh Supardi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara kuantitatif menggunakan skala Likert dan kualitatif menggunakan analisis Cresswell. Validasi ahli materi dan konstruk masing-masing dilakukan sebanyak tiga tahap dan dua kali revisi. Hasil dari respons pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor yang dikembangkan memiliki persentase untuk aspek materi 82%, konstruk 84%, objektivitas 88%, sistematis 87% dan praktikabilitas 83% serta memiliki rata-rata skor yaitu 84,8% meiliki kriteria sangat baik sehingga berdasarkan aspek-aspek tersebut instrumen penilaian psikomotor memiliki kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor pada praktikum sifat-sifat koloid dapat digunakan sebagai alat ukur untuk menilai kompetensi peserta didik pada aspek psikomotor.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MARNI SETIAWATI
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:02
Last Modified: 28 Sep 2018 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5608

Actions (login required)

View Item View Item