Airlangga, Garda Sasi (2023) ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)
GR BAB 1.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)
GR ABSTRAK.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)
GR DAPUS.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)
gr skripsi full-halaman-1,5.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)
gr skripsi full.pdf - Published Version Download (9MB) |
|
Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)
GR BAB 4.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (ANALISIS TINGKAT KEBISINGAN DI SEKITAR KAWASAN BANDARA SULTAN THAHA JAMBI AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PESAWAT BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)
gr skripsi full-halaman-2,6.pdf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
RINGKASAN Seiring berjalannya perkembangan teknologi dibidang transportasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik itu transportasi laut, udara ataupun darat. Banyaknya rumah-rumah atau bangunan-bangunan yang dibangun masyarakat di sekitar lalu lalang pesawat terbang misalnya rumah-rumah yang berjarak sekitar ± 50 m dari kawasan bandara yang berdampak pada masyarakat, sehingga masyarakat menerima gangguan dari kebisingan akibat suara pesawat terbang tersebut karena terlalu dekatnya pemukiman dengan rute pesawat terbang yang akan landing atau take off, pada saat landing ataupun take off suara yang dikeluarkan sangat bising. Tujuan dari dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebisingan di kawasan sekitar Bandara Sultan Thaha Jambi serta Melakukan analisis tingkat sebaran kebisingan di daerah sekitar Bandara Sultan Thaha Jambi berbasis Sistem Informasi dan Geografis.Dalam Penelitian ini menggunakan metode pemetaan Buffer yang nantinya sesuai dengan peraturan pemerintah No. 40 Tahun 2012 tentang pembangunan dan pelestarian Lingukangan Bandar Udara akan di tentukan tingkatan zona kawasan kebisingan. Secara menetukan tingkatkan kebisingan di setiap kawasan di hitung dengan baku mutu KepMenLH No.48 tahun 1996 tentang baku tingkat kebisingan dengan menggunakan alat Sound Level Meter (SLM). Penelitian ini dilakukan selama 14 hari dari hasil perhitungan data yang diambil akan dikekola menggunakan persamaan rumus WECPNL=ECPNL+10 logN-27 dari rumus persamaan ini akan didapatkan hasil kebisingan disetiap kawasan penelitian,Hasil Penelitian ini menunjukan bahwasanya tingkat pengukuran kebisingan tertinggi berada dalam waktu pengukuran L3 dan L4 yang dimana dari pengukuran ini didapatkan hasil di kawasan Bandara memiliki Kebisingan WECPNL tertinggi berada di tanggal 28 April 2023 dengan tingkat kebisingan 60.89 (dBA) dan rata-rata kecepatan angin 0.14 m/s, di kawasan Taman rimba berada di tanggal 4 Mei dengan angka 60.91 (dBA) dan 0.16 m/s, Asrama haji dengan angka mencapai 61.75 (dBA) dan 0,20 m/s di tanggal 4 mei, sedangakan pada pengukuran kawasan Toy Mart berada di tanggal 9 Mei dengan angka 61.44 (dBA) dan 0.32 m/s, kawasan Sungai Gelam memiliki angka mencapai 60.59 (dBA) dan 0.15 m/s, untuk kawasan perumahan Liverpol memiliki angka kebisingan dan kecepatan angin berada di tanggal 30 April 2023 dengan angka mencapai 48.68 (dBA) dan 0.09 m/s. SUMMARY As technological developments progress, the field of transportation is experiencing very rapid development, be it sea, air or land transportation. The large number of houses or buildings built by the community around airplane traffic, for example houses that are around ± 50 m from the airport area, have an impact on the community, so that the community receives disturbances from the noise caused by the sound of the airplanes because the settlements are too closed. . with airplane routes that will land or take off, when landing or taking off the sound that is emitted is very loud. The purpose of this research is to determine the level of disturbance in the area around Sultan Thaha Jambi Airport and to carry out an analysis of the level of disturbance in the area around Sultan Thaha Jambi Airport based on Geographic and Information Systems. In this research, the Buffer mapping method is used, which is in accordance with government regulation no. .40 of 2012 concerning the development and preservation of airport environments will change the zone level of disturbance areas. Determining the level of disturbance in each area is calculated using the quality standards of Minister of Environment Decree No. 48 of 1996 concerning standards for disturbance levels using a Sound Level Meter (SLM). This research was carried out for 14 days. The results of the calculation of the data taken will be managed using the formula WECPNL=ECPNL+10 logN-27. From this equation, disturbance results will be obtained in each research area. The results of this research show that the highest level of disturbance measurement is within the measurement time. L3 and L4 where the results obtained from this measurement in the Airport area have the highest WECPNL Noise are on April 28 2023 with a disturbance level of 60.89 (dBA) and an average wind speed of 0.14 m/s, in the Taman Rimba area it is on May 4 with figures of 60.91 (dBA) and 0.16 m/s, Hajj Dormitory with figures reaching 61.75 (dBA) and 0.20 m/s on May 4, while the Toy Mart area measurements were on May 9 with figures of 61.44 (dBA) and 0.32 m/s, the Gelam River area has figures reaching 60.59 (dBA) and 0.15 m/s, for the Liverpool residential area the disturbance figures and wind speeds are on April 30 2023 with figures reaching 48.68 (dBA) and 0.09 m/s .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebisingan, Sistem Informasi Geografis, WECPNL |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika |
Depositing User: | Airlangga |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 03:16 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56115 |
Actions (login required)
View Item |