ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Saliya, Ipinda Intan and Kuntarto, Eko and Silvina, Noviyanti (2023) ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA MUATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text (Skripsi)
skripsi full.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (COVER)
cover.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (Lembar Persetujuan dan Pengesahan)
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (376kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tingkat keterampilan berbicara siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 45/I Sridadi, Kec. Muaro Bulian. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui teknik pengumpulan data yaitu tes pada seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Setelah melakukan teknik pengumpulan data selanjutnya data dianalisis secara deskrptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berbicara siswa kelas IV SDNegeri 45/I Sridadi pada muatan pembelajaran bahasa Indonesiamemperoleh persentase sebesar 64% dan tergolong ke dalam kategori baik. Hasil analisis data keterampilan berbicara siswa yang dinilai dari keseluruhan aspek indikator yang terdiri dari 5 aspek, diperoleh hasil yaitu pada aspek pelafalan memperoleh hasil persentase sebanyak66%, aspek intonasi memperoleh hasil persentase sebayak 65%, aspek kelancaran memperoleh hasil persentase sebanyak 65%, aspek kebahasaan dan isi pembicaraan memperoleh persentase sebesar 63%, dan pada aspek ekspresi memperoleh hasil persentase sebanyak 63%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: saliya
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:21
Last Modified: 20 Sep 2023 03:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56147

Actions (login required)

View Item View Item