NISRINA, WAHYU (2023) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING SMART BOOK BERBASIS SETS TERINTEGRASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI HIDROKARBON (ISU KRISIS ENERGI). S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Draft Skripsi_Wahyu Nis Rina_A1C119015.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (529kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (231kB) |
Abstract
Pendidikan dalam era 4.0 harus mengikuti perkembangan teknologi. Salah satu tantangan dalam pembelajaran adalah pemahaman materi kimia yang abstrak. Dalam hal ini, integrasi konsep kimia ke dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (education for sustainable development) melalui media pembelajaran menjadi solusi potensial untuk memfasilitasi pemahaman yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran mobile learning smartbook berbasis SETS terintegrasi education for sustainable development pada materi hidrokarbon (isu krisis energi). Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis tanggapan dan penilaian partisipan pendidikan, baik siswa maupun guru, terhadap implementasi media pembelajaran inovatif ini, dalam lingkungan pembelajaran kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Penelitian ini dilaksanakan dalam kerangka penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang diterapkan meliputi lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh validator ahli materi dan validator ahli media, serta dinilai oleh para guru. Selanjutnya, produk ini diujicobakan pada kelompok kecil sebagai tahap implementasi. Teknik analisis data yang digunakan mencakup analisis kualitatif, berupa evaluasi terhadap komentar dan saran, serta analisis kuantitatif melalui perhitungan rata-rata skor jawaban dan persentase tanggapan. Hasil penilaian validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 4,52 dan ahli media sebesar 4,62 yang masing-masing berada pada interval >4,20-5,00 dengan kriteria “ Sangat Layak”. Berdasarkan penilaian guru diperoleh sebesar 4,86 yang termasuk kriteria “Sangat Baik” serta hasil uji coba kelompok kecil oleh responden sebesar 93% dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa produk mobile learning smartbook ini sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi hidrokarbon (isu krisis energi) serta dapat digunakan sebagai suplemen dalam pembelajaran kimia terintegrasi education for sustainable development.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nisrina |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 02:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |