Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Mim-Mem (Mimicry-Memorization) Terhadap Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi

Lubis, Mauliwin (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Mim-Mem (Mimicry-Memorization) Terhadap Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN& PERSETUJUAN.pdf

Download (822kB)
[img] Text
MAULIWINLUBIS_SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Lubis, Mauliwin. 2023. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Mim-Mem (Mimicry-Memorization) Terhadap Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Membaca Bahasa Arab Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi: Skripsi, Program studi Pendidikan Bahasa arab, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Friscilla Wulan Tersta, S.Pd., M.Pd (II) Neldi Harianto, S.Pd.I, M.A. Kata kunci: Metode pembelajaran, penguasaan kosakata, keterampilan membaca Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Pembelajaran Mim-Mem (Mimicry-Memorization) Terhadap Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Membaca Kelas VII MTs Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Kota Jambi pada Maret 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi eksperimental dengan desain penelitian Noneqivalent Control Group Design. Dimana dalam desain ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Hal ini terbukti dengan rata-rata pre-test dan post- test kelas eksperimen yaitu 27,45 dan 84,36 untuk variabel penguasaan kosakata dan 11,36 dan 93,18 untuk variabel keterampilan membaca. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata dari nilai post-test adalah 27,18 dan 60,91 untuk variabel penguasaan kosakata dan 16,36 dan 71,36 untuk variabel keterampilan membaca. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode Mim-Mem (Mimicry-Memorization terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan membaca. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dimana nilai sig.(2 tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Mim-Mem (Mimicry-Memorization terhadap penguasaan kosakata dan keterampilan membaca bahasa arab. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru harus berusaha untuk memilih metode pembelajaran yang tepat agar peserta didik termotivasi dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Penguasaan kosakata, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Lubis
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:20
Last Modified: 20 Sep 2023 03:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56165

Actions (login required)

View Item View Item