EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIVE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA

Marito, Yeremia Sintha (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTATIVE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI ASAM BASA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
YEREMIA SINTHA MARITO SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER YEREMIA SINTHA MARITO.pdf

Download (39kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN YEREMIA.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK YEREMIA SINTHA MARITO.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB I YEREMIA SINTHA MARIT0.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V YEREMIA SINTHA MARITO.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA YEREMIA SINTHA MARITO.pdf

Download (85kB)

Abstract

Rendahnya kualitas argumentasi pada siswa disebabkan oleh proses pembelajaran berupa transfer pengetahuan pada umumnya. Siswa jarang mendapat kesempatan untuk mendiskusikan suatu topik dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bersikap kritis, bernalar, dan berpendapat, khususnya dalam pembelajaran kimia. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam berargumentasi dalam pembelajaran adalah model Argumentative Problem Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan model pembelajaran Argumentative Problem Based Learning (PBL) dan Problem Based Learning terhadap kemampuan argumentasi pada materi Asam Basa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi berupa field notes (analisis kualitatif) yang berisikan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata dari kelas model Agumentative PBL yaitu sebesar 83,70 dan di kelas model PBL sebesar 70,37. Dengan diperoleh nilai uji N-gain pada kelas model Argumentative PBL sebesar 0,79 dengan kategori tinggi dan pada kelas model PBL sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Pelaksanaan model pembelajaran Argumentative PBL mempunyai pengaruh terhadap kemampuan argumentasi siswa (dengan uji t-independen = 0,000 maka Ha diterima) pada materi asam basa di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kota Jambi. Maka dapat disimpulkan bahwa kelas yang menggunakaan model pembelajaran Argumentative PBL lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan argumentasi siswa pada materi asam basa di SMA Negeri 6 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MARITO
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:52
Last Modified: 20 Sep 2023 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56183

Actions (login required)

View Item View Item