EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK STURCTURE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI

Aji, Dwi Aprilia (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK STURCTURE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Kimia.

[img] Text
COVER.pdf

Download (477kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL DWI APRILIA AJI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Aji, Dwi Aprilia. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Sturcture Problem Solving Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 9 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Zurweni, M.Si. (II) Prof. Dr. Dra. Wilda Syahri, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran kolaboratif, teknik structure problem solving, kreativitas, larutan penyangga. Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk menemukan beberapa kemungkinan jawaban terhadap sebuah masalah yang mana jawabannya berupa jawaban yang benar dan bervariasi serta berupa inovasi baru. Dalam proses pembelajaran kreativitas dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kolaboratif. Model pembelajaran kolaboratif dengan menggunakan teknik Structure Problem Solving dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kolaboratif teknik Structure Problem Solving dalam meningkatkan kreativitas siswa pada materi larutan penyangga. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi. Dan untuk teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif, dimana data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, hasil observasi dan pengamatan langsung sedangkan untuk data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian tes essai siswa. Hasil data perolehan hasil uji t-test paired diperoleh nilai thitung sebesar 4,92 dan ttabel sebesar 1,66 sehingga dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik Structure Problem Solving efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 9 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Aji
Date Deposited: 20 Sep 2023 06:46
Last Modified: 20 Sep 2023 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56185

Actions (login required)

View Item View Item