-, Gusmawati Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi pada Materi Gerak Lurus Kelas X SMA Menggunakan Software Adobe Flash CS6. Universitas Jambi. (Unpublished)
![]() |
Text
0. COVER.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text
14. BAB V PENUTUP.pdf Download (152kB) |
Abstract
Proses pembelajaran di sekolah diharapkan dilaksanakan secara menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, termasuk pada pembelajaran fisika. Konsep fisika tak lepas dari kehidupan sehari-hari namun masih banyak terjadi kesalahan konsep sejak awal. Latihan-latihan soal menjadi salah satu solusi dalam mengasah kemampuan analisis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran game edukasi pada materi gerak lurus kelas X SMA menggunakan software Adobe Flash CS6 dan mengetahui persepsi siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 7 Kota Jambi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap Analisis (Analysis); Desain (Design); Pengembangan (Development); Penerapan (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian adalah produk media pembelajaran berupa game edukasi tentang gerak lurus. Data penelitian berupa data kuantitatif yang didapatkan dari validasi tim ahli dan persepsi siswa. Hasil dari persepsi siswa didapat persentase sebesar 77,59% yang termasuk ke dalam kategori baik. Proses validasi media ada tiga tahap. Tahap pertama persentase untuk materi dan media adalah 54,38% dan 53,70% dengan kategori sedang. Tahap kedua validasi persentase untuk materi dan media adalah 75,73% dan 68,89% yang termasuk dalam kategori baik. Tahap ketiga persentase validasi untuk materi dan media adalah adalah 96,25% dan 92,22% yang termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penilaian tim ahli dan persepsi siswa, media pembelajaran game edukasi telah valid dan layak untuk dikembangkan. Game edukasi yang dikembangkan untuk bermain melalui permainan pada komputer perlu juga dikembangkan agar dapat dimainkan pada smartphone sehingga dapat dimainkan dimana saja.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | GUSMAWATI |
Date Deposited: | 01 Oct 2018 03:23 |
Last Modified: | 01 Oct 2018 03:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |