Pengembangan Model Project Based Learning Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun .

Marpaung, Threesya (2023) Pengembangan Model Project Based Learning Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun . S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK TERE SIDANG.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB 1 TERE SIDANG (1).pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V TERE SIDANG.pdf

Download (201kB)
[img] Text
CamScanner 22-09-2023 12.52.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA TERE SIDANG.pdf

Download (243kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL BAB 1-5 THREESYA MARPAUNG 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan dan pengesahan Skripsi tere.pdf

Download (459kB)
Official URL: https://repository.unja.id/

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah adanya permasalahan terhadap model pembelajaran yang digunakan disekolah, masih menggunakan model pembelajaran konvesional yang masih bersifat teacher center dan dalam pembelajaran masih menggunakan lembar kerja anak (LKA) tanpa benda-benda konkrit, selain itu pada setiap tahapan pada project based learming yang pernah dilakukan oleh guru, guru hanya melakukan tahapan project sampai pada tahapan memantau hasil kinerja anak, yaitu ketika anak melakukan project, guru langsung mengumpulkan hasil kerja anak tanpa ada evaluasi dan refleksi yang dilakukan oleh guru kepada anak hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi terkait model project based leraning tersebut sehingga pembelajaran belum berorientasi kepada kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) anak usia dini usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan model project based learning untuk menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) anak usia dini usia 5-6 tahun yang dikemas dalam sebuah buku panduan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengadaptasi dari model Borg&Gall dengan 10 langkah yang disederhanakan menjadi 5 langkah yaitu melakukan penelitian pendahuluan, mengembangkan produk awal, melakukan validasi produk, melakukan uji coba, produk. Subjek uji coba terbatas melibatkan guru kelompok B di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi yaitu 4 guru dan TK Mandiri Kota Jambi yaitu 1 Guru. Data penelitian dan pengembangan diperoleh dari beberapa sumber yaitu: Angket validasi ahli materi, Angket validasi ahli Media. Kepraktisan produk diperoleh dari hasil uji coba lapangan terbatas. Hasill penelitian yang dilakukan oleh ahli materi pada tahap akhir memperoleh presentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak diujicobakan. Hasil penilaian didapatkan dari ahli media tahap akhir memperoleh persentase sebesar 96,15 %. Tingkat kepraktisan model project based learning untuk menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) anak usia dini usia 5-6 tahun dari responden guru sebagai pengguna produk mendapat nilai dengan presentase sebesar 87,5% dengan kategori sangat praktis Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Project Based Learning Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun sangat praktis serta dapat diujicobakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Marpaung
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:09
Last Modified: 26 Sep 2023 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56222

Actions (login required)

View Item View Item