Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Sebagai Pencegahan Terhadap Perilaku Pelecehan Seksual pada Anak Usia Sekolah di SMP Negeri 12 Kota Jambi

Arimbi, Ayu (2023) Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Sebagai Pencegahan Terhadap Perilaku Pelecehan Seksual pada Anak Usia Sekolah di SMP Negeri 12 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Cover.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Skripsi.Ayu Arimbi.A1E118080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dewasa ini kasus pelecehan seksual pada anak semakin marak terjadi, tak hanya menjadi korban anak juga berpotensi menjadi pelaku. Berbagai faktor menjadi pemicu, salah satunya keterbatasan pengetahuan anak terhadap perilaku pelecehan seksual. Tujuan penelitian ini ialah melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian layanan informasi dengan tingkat pengetahuan siswa akan pelecehan seksual, sebagai salah satu bentuk pencegahan pelecehan seksual pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian true eksperimen (post-test control only design), yang dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah kelas VII dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket model Skala Dhikotomis dengan pilihan jawaban “Benar” dan “Salah”. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji T-test. Rata-rata nilai kelas eksperimen dan kontrol sama-sama sebesar 52,6, yang artinya seimbang. Sedangkan hasil output independent t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 74, 4793 dan kelas kontrol sebesar 59,0655, dengan nilai Sig.0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka terdapat perbedaan tingkat pengetahuan perilaku pelecehan seksual antara kelas yang diberikan layanan informasi dan yang tidak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan informasi meningkatkan pengetahuan siswa akan pelecehan seksual. Selain itu, output uji paired t-test penelitian menunjukan perbedaan tingkat pengetahuan pelecehan seksual siswa pada kelompok eksperimen, dengan nilai rata-rata sebesar 52,7 dan post-test sebesar 74,5 dan nilai Sig. 0,00. Berdasarkan kriteria penerimaan, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan informasi dan tingkat pengetahuan pelecehan seksual pada siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelecehan Seksual, Layanan Informasi, Pelecehan Seksual Pada Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Arimbi
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:19
Last Modified: 25 Sep 2023 07:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56227

Actions (login required)

View Item View Item