EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA N 2 KOTA JAMBI

ratia fatmie, wilanda EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA N 2 KOTA JAMBI. EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMA N 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
RSA1C114007-HP.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran mempengaruhi berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran yang biasa diterapkan di sekolah adalah model pembelajaran direct instruction. Sistem pembelajaran seperti itu menyebabkan peserta didik pasif dalam proses pembelajaran. Satu diantara alternative yang dipandang mampu membantu peserta didik aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat berpengaruh terhadap berpikir kritis peserta didik adalah dengan menerapkan model problem based learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritissiswa pada materi sistem koloid kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method dengan menggunakan kedua data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dengan jenis sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Samplingdengan satu kelas sampel. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model problem based learningbaik dari guru maupun siswa dan tes soal essay siswa. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles and Huberman dan teknik analisis kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment danuji-t.Keterlaksanaan model problem based learningoleh guru mengalami kenaikan setiap pertemuan, keterlaksanaan model problem based learningoleh siswa sebesar 74,28% dengan kategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model problem based learningdengan berpikir kritis siswa dikategorikan sangat kuat dengan rxy 0,8329. Uji signifikansi dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung> ttabel (10,2069> 1,678) dengan dk 46 dan  = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Haditerima.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learningefektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: RATIA FATMIE WILANDA
Date Deposited: 01 Oct 2018 03:24
Last Modified: 01 Oct 2018 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5627

Actions (login required)

View Item View Item