Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 3-4 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi

Claudia, Safira (2023) Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 3-4 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Cover SKRIPSI.pdf

Download (743kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
SKRIPSI SAFIRA CLAUDIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (377kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Claudia, Safira. 2023. Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 3-4 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Nyimas Muazzomi, S. Ag., M. Pd. I. (II) Asih Nur Ismiatun, M. Pd. Kata Kunci: Pasir Kinetik, Pengenalan Sains Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dan melihat efektivitas media pasir kinetik untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak usia 3-4 tahun di TK Asyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan rancangan penelitian pre experimental. Desain penelitian menggunakan desain one-group pretes-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok KB yang berjumlah 18 orang anak di TK Asyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pasir kinetik terhadap pengenalan sains anak usi 3-4 tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dari Thitung > Ttabel yaitu 15,393 > 1,740 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Serta terjadi peningkatan pengenalan sains anak setelah penggunaan pasir kinetik berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 75, 23%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pasir Kinetik, Pengenalan Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: claudia
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:05
Last Modified: 26 Sep 2023 04:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56281

Actions (login required)

View Item View Item