PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI

AYU OCTARINA, SISKA PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (226kB)
[img] Text
PENGESAHAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Octarina, Siska Ayu. 2018.Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi,Pembimbing (I) Dr. Dra. Hj. Muazza, M.Si., (II) Riyo Riyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Guru, dan Motivasi Belajar. Motivasi belajar wajib dimiliki oleh setiap siswa.Seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. Proses belajar mengajar sangat erat kaitannya dengan peran guru. Oleh karena itu, seorang guru harus memiliki kompetensi yang dapat menunjang proses pembelajaran di dalam kelas terutama kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian. Hal tersebut dikarenakan kedua kompetensi tersebut jika dikuasai secara seimbang akan sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi, (2) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi, (3) pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah responden penelitian sebanyak 81 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket penelitian yang berisi 68 butir soal untuk keseluruhan variabel. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan skor 1-4. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda serta pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan maka didapatkan hasil (i) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabelpersepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru (X1) terhadap variabel motivasi belajar(Y), (ii) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru (X2) terhadap variabel motivasi belajar(Y), dan (iii) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru (X1) dan kompetensi kepribadian guru (X2) secara simultan terhadap variabel motivasi belajar(Y). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa kompetensi guru terutama kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian sangat penting untuk dikuasai oleh setiap guru. Oleh karena itu sangat disarankan agar seorang guru mampu menyeimbangkan antara kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadiannya ketika melaksanakan proses pembelajaran di dalam kelas dikarenakan hal tersebut dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SISKA AYU OCTARINA
Date Deposited: 01 Oct 2018 03:24
Last Modified: 01 Oct 2018 03:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5629

Actions (login required)

View Item View Item