Saputri, Badriani (2023) Hubungan Kondisi Lingkungan Sosial di Sekolah dengan Kepercayaan Diri Siswa di MAN 1 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI BADRIANI SAPUTRI A1E119071.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER BADRIANI SAPUTRI-1.pdf Download (51kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI A1E119071_compressed-compressed.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB 1 BADRIANI SAPUTRI A1E119071.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
BAB 5 BADRIANI SAPUTRI A1E119071.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA BADRIANI SAPUTRI A1E119071.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BADRIANI SAPUTRI.pdf Download (148kB) |
Abstract
Lingkungan sosial di sekolah merupakan lingkungan kedua bagi anak setelah lingkungan keluarga. Anak remaja umumnya lebih banyak menghabiskan waktu dengan berinteraksi, bergaul, dan berkomunikasi di sekolah. Selain sebagai tempat menimba ilmu, sekolah juga menjadi tempat pendidikan karakter bagi siswa dengan menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa meliputi karakteristik kepribadian dan sikap baik. Salah satu nilai dalam membangun karakteristik kepribadian dan sikap baik adalah memiliki sikap percaya diri yang tinggi merupakan salah satu sikap positif yang harus dimiliki oleh siswa. Hal tersebutlah yang menjadi dasar untuk melakukan penelitian ini yaitu dengan mengungkap (1). Seberapa besar kualitas kondisi lingkungan sosial di sekolah siswa kelas X MAN 1 Kota Jambi?, (2). Seberapa besar kualitas kepercayaan diri siswa kelas X MAN 1 Kota Jambi?, (3). Apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kondisi lingkungan sosial di sekolah dengan kepercayaan diri siswa kelas X MAN 1 Kota Jambi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Kota Jambi dengan jumlah sampel 87 siswa, penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen penelitian, adapun instrumen tersebut telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas sebelum disebar kepada responden. Teknik analisi data penelitian dengan melakukan uji normalitas, uji uji linearitas, uji hipotesis, dan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi. 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas kondisi lingkungan sosial di sekolah meliputi interaksi siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan staf/karyawan sekolah berada pada kategori sedang (64%), (2) Kualitas kepercayaan diri siswa meliputi keyakinan akan kemampuan diri, objektif, optimis, tanggung jawab, rasional dam realistis berada dalam kategori baik (71%), (3) Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kondisi lingkungan sosial di sekolah dengan kepercayaan diri siswa kelas X MAN 1 Kota Jambi dibuktikan dengan analisis korelasi dan uji hipotesis yaitu nilai r hitung 0.560 > 0.1765 sehingga Hipotesis yang diajukan diterima. Dengan r hitung 0.560 tersebut ditafsirkan bahwa korelasi sedang (memadai) yang menunjukkan bahwa semakin baik kondisi lingkungan sosial di sekolah semakin baik pula kepercayaan diri siswa di MAN 1 Kota Jambi. Kata kunci : Kondisi Lingkungan Sosial di Sekolah, Kepercayaan Diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kondisi Lingkungan Sosial di Sekolah, Kepercayaan Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SAPUTRI |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 04:10 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 04:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |