Febrian, Verdi Dwi (2023) Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
A1C219048_SKRIPSI (FULL TEXT).pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
A1C219048_SKRIPSI (HALAMAN JUDUL).pdf Download (121kB) |
|
Text
A1C219048_SKRIPSI (HALAMAN PENGESAHAN).pdf Download (295kB) |
|
Text
A1C219048_SKRIPSI (BAB I).pdf Download (279kB) |
|
Text
A1C219048_BAB V.pdf Download (100kB) |
|
Text
A1C219048_SKRIPSI (DAFTAR PUSTAKA).pdf Download (242kB) |
Abstract
ABSTRAK Febrian, Verdi Dwi. 2023. Pengembangan E-LKPD Bebasis Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Wardi Syafmen, M.Si. (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : E-LKPD, Project Based Learning, Liveworksheets, Literasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan suatu bahan ajar berbentuk E-LKPD berbasia project based learning (PjBL) berbantuan lieworksheets untuk meningkatkan literasi matematis siswa SMP Kelasn VIII. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain, guru matematika kelas VIII SMPN 10 Kota Jambi pada uji coba perorangan, 9 orang peserta didik kelas VIII D pada uji coba kelompok kecil, dan seluruh peserta didik kelas VIII D yang berjumlah 24 orang pada uji coba lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa E-LKPD yang dibuat dengan menggunakan aplikasi pokok yaitu Liveworksheet dengan luaran berupa Web, isi E-LKPD berbasis tahapan PjBL. Selain itu didalamnya juga mengandung tahapan indikator literasi matematis. E-LKPD yang didesain termasuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi tim ahli dari segi materi adalah 80% (valid) dan tingkat kevalidan dari aspek desain adalah 81,1% (sangat valid), tingkat kepraktisan oleh guru adalah 94,6% (sangat praktis) dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 86,4% (sangat praktis), tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket efektifitas E-LKPD dari angket respon siswa adalah 89,1% (sangat efektif) dan berdasarkan hasil tes literasi matematis siswa (pre-test) adalah 35,333 dan (post-test) yaitu 73,5 dengan besar nilai gain yaitu 0.660896 (sedang) dengan prestase 66,08 % dengan kategori cukup efektif yang menunjukkan E-LKPD efektif dalam peningkatan lierasi matematis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Project Based Learning, Liveworksheets, Literasi matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Febrian |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 06:36 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56317 |
Actions (login required)
View Item |