PENGARUH PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

Asmaroza, Lili (2023) PENGARUH PROFESIONALISME GURU BAHASA ARAB TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI LILI ASMAROZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (523kB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (152kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Profesionalisme Guru Bahasa Arab Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan variabel independentnya yaitu profesionalisme guru bahasa Arab sedangkan variabel dependentnya prestasi belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 3 – VIII 5 yang berada di SMP Islam Al-falah Kota Jambi. Sampel yang dilakukan dengan metode simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan angket yang di sebarkan kepada siswa sebanyak 60 responden Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis ststistik deskriptif. Dengan bantuan aplikasi SPSS 21 for windows Berdasarkan hasil peneliti menunjukkan bahwa, profesionaslime guru bahasa Arab (X) mamiliki pengaruh terhadap prestasi belajar (Y) hal ini ditunjukkan dengan analisis regresi yang menunjukan nilai 0,853 pada sig 0.005 sama dengan (≤0.05). yang menunjukkan bahwa nilai Thitung lebih besar dari nilai Ttabel yaitu 2,972 > 1,672 dan dengan demikian maka hasil dapat di katakan signifikan. H0 di tolak dan Ha di terima karena nilai Thitung > Ttabel. Dengan demikian profesionalisme guru bahasa Arab berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMP Islam Al-falah Kota Jambi. Dilihat dari hasil koefesien determinasi atau uji R2 maka propesionalisme guru bahasa Arab berpengaruh sebesar 12% terhadap prestasi belajar siswa di SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ada di SMP Islam Al-Falah kota jambi, dan di harapkan agar guru dapat menigkatkan proses belajar dan mengajar secara propesional, dan untuk mengurangi siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah agar bisa lebih di perhatikan lagi secara intensif oleh guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PROFESIONALIME GURU BAHASA ARAB, PRESTASI BELAJAR SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Asmaroza
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:35
Last Modified: 27 Sep 2023 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56327

Actions (login required)

View Item View Item