PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENYUMBUN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN POTENSI ALAM DI SEKOLAH DASAR

AMELIA ANWAR, PUTRI SAKILA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENYUMBUN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN POTENSI ALAM DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK PUTRI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
HAL. PENGESAHAN.pdf

Download (560kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI SAKILA AMELIA ANWAR (A1D119112).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https:repository.unja.ac.id

Abstract

Kata kunci: E-Modul, Kearifan Lokal Menyumbun, Flip PDF Professional Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan e-mdoul berbasis kearifan lokal menyumbun sebagai upaya pelestarian potensi lokal. (2) mengetahui tingkat validitas e-modul sebagai bahan ajar eletronik di sekolah dasar kelas V. (3) untuk mengetahui tingkat keefektifan e-modul berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan E-Modul dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 03/X Tanjung Solok kelas V yang berjumlah 17 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, validasi materi, media, dan bahasa. Selain itu data juga diperoleh dari angket respon peserta didik dalam keefektifan penggunaan e-modul pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan dengan model ADDIE diawali dengan tahap analysis yang menganalisis kebutuhan pengembangan produk pada lokasi penelitian, tahap design melakukan perancangan produk yang akan dikembangkan, tahap development berupa validasi produk dari aspek materi, bahasa, dan media, tahap implementation berupa mengimplementasikan produk pada peserta didik, dan tahap evaluation berupa kegiatan evaluasi terhadap setiap tahapan yang telah dilalui. Pada uji validitas dari penilaian ahli materi mendapat hasil rata-rata skor 3,6 yang berkategori “sangat valid” dalam satu tahap uji penilaian. Selanjutnya penilaian ahli media dengan dua tahap mendapat rata-rata skor 3,5 yang berkategori “sangat valid”. Kemudian penilaian ahli bahasa dengan dua tahap mendapat rata-rata skor 4,0 yang berkategori “sangat valid”. Penilaian peserta didik terhadap penggunaan e-modul mendapat rata-rata 35,41 yang masuk pada kategori “sangat valid”. Dengan demikian, penggunaan e-modul berbasis kearifan lokal Menyumbun dinyatakan valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, KEARIFAN LOKAL MENYUMBUN, FLIP PDF PROFESSIONAL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ANWAR
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:38
Last Modified: 02 Oct 2023 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56407

Actions (login required)

View Item View Item