Assidiki, Hasbi (2023) Pengaruh pembelajaran demonstrasi berbasis media video terhadap perkembangan agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Desa nantigo. Pengaruh pembelajaran demonstrasi berbasis media video terhadap perkembanagn agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi desa nantigo.
![]() |
Text
print skripsi hasbi fixs 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN HASBI.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
Bab 1-4.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (6kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (207kB) |
Abstract
ABSTRAK Hasbi Assiddiki. 2023. Pengaruh Pembelajaran Demonstrasi Berbasis Media Video Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Desa Nan Tigo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Video, Perkembangan Nilai Agama dan Moral Salah satu cara pengembangan moral dan agama pada anak usia dini dalam dilakukan melalui pembelajaran Demonstrasi. Pada pelaksanaannya, pembelajaran Demonstrasi ini juga dapat menggunakan media pembelajaran agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media video animasi. Salah satu video animasi yang dapat digunakan adalah animasi upin dan ipin, karena animasi ini memiliki pesan moral dan nilai agama yang diharapkan dapat membantu untuk mengembangkan moral dan agama pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Demonstrasi berbasis media video terhadap perkembangan Agama dan Moral Anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Desa Nan Tigo . Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest one class design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 12 anak usia 5-6 tahun di kelompok B2. Prosedur penelitian dilakukan dengan melakukan pretest, pemberian perlakuan dan posttest. Analisis data menggunajan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan moral dan agama pada anak usia 5-6 tahun di kelas B2 TK Pertiwi Desa Nantigo sebelum diberi perlakuan penggunaan media video animasi Upin dan ipin dalam pembelajaran Demonstrasi (pretest) adalah 6 dan setelah diberi perlakuan adalah 17. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11,821 lebih besar dari t tabel sebesar 1,78 (thitung> ttabel), sedangkan nilai signfiikansi dari hasil uji-t sebesar 0,001, serta nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (α<0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat perbedaan perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B2 TK Pertiwi Desa Nantigo sebelum diberi perlakuan (posttest) dengan setelah diberi perlakuan pembelajaran Demonstrasi berbasis media video (posttest). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Demonstrasi berbasis video berpengaruh terhadap perkembangan Agama dan Moral pada anak usia dini di kelompok B2 TK Pertiwi Desa Nantigo.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Assiddiki |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 07:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 07:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |