Wilsani, Wilsani (2023) Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
COVER_.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
WILSANI_A1D119152_SKRIPSI_UPLOAD[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (55kB) |
Abstract
Wilsani, Wilsani. 2023. Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , Kurikulum Merdeka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka pada kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi bersama guru wali kelas V yaitu Ibu S, Bapak AP, Ibu NEP, Bapak VK, dan Ibu F. Setelah melakukan serangkaian teknik pengumpulan data selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data, serta memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila guru berpedoman pada buku panduan pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (2022), dimana guru melaksanakan beberapa tahapan, tahapan pertama guru memahami Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tahapan kedua guru mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dalam mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila guru melaksanakan beberapa kegiatan, mulai dari membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan, merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu projek, menyusun modul, serta merancang strategi pelaporan hasil projek. Tahap ketiga guru mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dalam mengelola Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila guru melaksanakan tiga tahapan pembelajaran, yaitu mengawali kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, mengoptimalkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, serta menutup rangkaian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Setelah semua rangkaian tahapan tersebut selesai, tahap keempat guru mengolah asesmen dan melaporkan hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai bentuk apresiasi terhadap peserta didik yang telah melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu guru kelas V SDN 1/IV Kota Jambi telah berhasil mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang telah dilakukan dapat dijadikan contoh bagi guru lain dalam menerapkan pembelajaran serupa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Wilsani |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:35 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |