PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS LEARNING CYCLE-5E MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA

KURNIA P, FITRIANI PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS LEARNING CYCLE-5E MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS LEARNING CYCLE-5E MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA.

[img] Text
REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS LEARNING CYCLE-5E MENGGUNAKAN FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA Oleh: Fitriani Kurnia P1) Evita Anggereini 2) Afreni Hamidah 3) 1 )Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi 2 )Dosen Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: fitrianikurnia45@gmail.com Abstrak. Pembelajaran pada hakikatnya adalah bagaimana proses belajar mengajar yang dilakukan guru berlangsung secara bermutu dan bermakna. Proses kegiatan belajar mengajar (KBM) merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar berupa modul elektronik berbasis learning cycle-5E menggunakan flipbook maker pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas X SMA, Mengetahui kelayakan Modul, serta mengetahui respon siswa dan guru terhadap Modul elektronik berbasis learning cycle menggunakan flipbook maker pada materi pencemaran lingkungan untuk siswa kelas X SMA yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Modul Elektronik divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek ujicoba yaitu ujicoba kelompok kecil dengan responden 12 siswa kelas X serta guru biologi SMA N 2 Kota Jambi. Jenis data yang didapatakan pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Penelitian ini menghasilkan modul elektronik yang dapat digunakan oleh siswa sebagai bahan ajar alternatif, sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep materi pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase penilaian akhir validasi materi modul elektronik oleh ahli materi sebesar 76% dengan kategori baik. Persentase penilaian akhir validasi media modul elektonik oleh ahli media sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Tanggapan siswa pada ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 82,5% dengan kategori sangat baik dan tanggapan guru diperoleh persentase 91,6% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan media pada materi lain dan dapat dilakukan uji penelitian lanjut terkait efektifitas penggunaan media hingga produksi massal. Kata kunci: modul, flipbook maker, learning cycle-5E, pencemaran lingkungan

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FITRIANI KURNIA P
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:29
Last Modified: 02 Oct 2018 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5645

Actions (login required)

View Item View Item