PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF MIKIR BERBASIS BERPIKIR KRITIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI

Drajat, Zhakia (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF MIKIR BERBASIS BERPIKIR KRITIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Hal Pengesahan.pdf

Download (80kB)
[img] Text
SKRIPSI ZHAKIA (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Drajat, Zhakia. 2023. Penerapan Pembelajaran Aktif MIKiR Berbasis Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. R. Imam Suwardi Wibowo, M. Pd. (II) Priyanto, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: media pembelajaran, mikir, teks laporan hasil observasi Penelitian ini berdasarkan masalah yang peneliti temukan pada saat observasi di SMPN 24 Kota Jambi. Pada saat siswa belajar teks laporan hasil observasi, guru hanya menerapkan metode konvensional/ceramah. Kemudian para siswa diminta untuk mengerjakan tugas sesuai dengan isi teks laporan hasil observasi yang dibaca, namun masih terdapat siswa yang kurang memahami pembelajaran, sebab teksnya terlalu panjang sehingga siswa menjadi tidak fokus. Oleh karena itu peneliti menerapkan pembelajaran aktif MIKiR berbasis berpikir kritis dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran aktif MIKiR berbasis berpikir kritis dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan di SMPN 24 Kota Jambi, subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu, kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi dan terdapat enam kelas yang berjumlah 192 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C terdiri dari 32 siswa dan kelas VIII D yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan tes unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif MIKiR berbasis berpikir kritis sebagai media pembelajaran materi teks laporan hasil observasi kelas VIII SMPN 24 Kota Jambi dalam pelaksanaannya telah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Mulai dari guru melakukan pendahuluan, kemudian ditahapan inti, guru menjelaskan, mengajukan pertanyaan dan menentukan hasil kerja siswa yang akan dibuat, guru membantu siswa menentukan tema, menentukan jadwal pengumpulan hasil kerja, dan pada kegiatan penutup guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hal di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran aktif MIKiR berbasis berpikir kritis dengan melakukan unjuk kerja siswa maka menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap nilai siswa pada saat pembelajaran berlangsung. ABSTRACT Drajat, Zakia. 2023. Application of MIKiR Active Learning Based on Critical Thinking in Improving the Ability to Write Observation Report Texts in Class VIII Students of SMP Negeri 24 Jambi City. Thesis, Department of Language and Literature Education, FKIP, Jambi University, Supervisor: (I) Drs. R. Imam Suwardi Wibowo, M. Pd. (II) Priyanto, S. Pd., M. Pd. Keywords: learning media, thinking, observation report text This research is based on problems that researchers found during observations at SMPN 24 Jambi City. When students study observation report texts, teachers only apply conventional/lecture methods. Then the students were asked to do the assignment according to the contents of the text of the observation report they had read, but there were still students who did not understand the lesson, because the text was too long so the students became unfocused. Therefore, researchers apply MIKiR active learning based on critical thinking to improve students' ability to write observation report texts. This research aims to describe the application of MIKiR active learning based on critical thinking in improving the ability to write observation report texts in class VIII students at SMP Negeri 24 Jambi City. The research was carried out at SMPN 24 Jambi City, the subjects of this research were class VIII students at SMPN 24 Jambi City. The approach in this research is a quantitative approach. This type of research is quasi-experimental. The population in this study was class VIII of SMPN 24 Jambi City and there were six classes totaling 192 students. The sample in this study was class VIII C consisting of 32 students and class VIII D consisting of 32 students. The data collection technique in this research was carried out using student performance tests. The results of the research show that the implementation of MIKiR active learning based on critical thinking as a learning medium for the text material of the observation report for class VIII SMPN 24 Jambi City in its implementation is in accordance with the learning implementation plan. Starting from the teacher doing the introduction, then in the main stages, the teacher explains, asks questions and determines the results of the student's work that will be created, the teacher helps students determine the theme, determines the schedule for collecting the work results, and in the closing activity the teacher concludes the learning that has been carried out. Based on the above, it can be concluded that by implementing the MIKiR active learning method based on critical thinking by carrying out student performance, it shows that there is a significant increase in student grades during learning.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mikir, teks laporan hasil observasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Drajat
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:42
Last Modified: 03 Oct 2023 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56470

Actions (login required)

View Item View Item