Febridianti, Annisa (2023) Analisis Penerapan Nilai Demokrasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kerinci. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK_081707.pdf Download (7kB) |
|
Text
BAB I_081735.pdf Download (423kB) |
|
Text
BAB V_081755.pdf Download (193kB) |
|
Text
COVER_081810.pdf Download (186kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_081825.pdf Download (219kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN_081845.pdf Download (656kB) |
|
Text
SKRIPSI ANNISA FEBRIDIANTI FULL_081910.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Febridianti, Annisa. 2019. Analisis Penerapan Nilai Demokrasi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kerinci: Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Irzal Anderson., M.Si., (II) Dr. Kuswanto, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Analisis, Nilai Demokrasi dan Pembelajaran PPKn Penerapan prinsip demokrasi di Indonesia selalu mengalami pasang surut. Selain itu, terdapat hambatan dalam penerapan nilai demokrasi di negara Indonesia. Rendahnya nilai demokrasi di jenjang pendidikan pola pikir demokrasi harus dibentuk dan dimiliki oleh siswa sejak awal, dengan menyadari pentingnya penerapan nilai demokrasi. Lingkungan sekolah dapat mensetting suasana yang demokrasi seperti dalam proses pembelajaran, guru membuat suasana belajar dengan melibatkan peristiwa yang sedang update dengan adanya kegiatan tersebut siswa lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, sekolah merupakan wadah yang dapat memberikan pengalaman yang berharga untuk masa depan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai demokrasi dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kerinci. Penelitian ini difokuskan pada penerapan nilai demokrasi melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas X IPS SMA Negeri 1 Kerinci. Nilai demokrasi pada pembelajaran meliputi nilai kerja sama antar siswa, percaya diri, kebebasan berpendapat, saling menghargai dan menghormati perbedaan pendapat. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kerinci pada Maret 2023 s.d selesai. Data penelitian ini diperoleh melalui tiga tahapan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampling yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik snowball sampling. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan merupakan teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu SMA Negeri 1 Kerinci di kelas X IPS 1 dan 2 penerapan akan nilai demokrasi dalam pembelajaran PPKn belum sepenuhnya cukup baik hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya tingkah laku siswa yang belum mencerminkan sikap demokrasi. Tingkah laku siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kerinci belum sepenuhnya sesuai dengan indikator dari Zamoni, ada beberapa indikator menurut zamroni yang belum mampu siswa terapkan dalam proses pembelajaran seperti kerja sama antar siswa yang masih kategori kurang baik, kemudian juga sikap menghargai pendapat antar individu yang masih tergolong belum cukup baik, dari hal tersebut kelas X IPS belum sepenuhnya menerapkan nilai yang demokratis. Sehingga pada saat proses pembelajaran terlihat nilai demokrasi yang ditonjolkan oleh siswa belum sepenuhnya baik. Disisi lain metode yang digunakan guru tersebut merupakan metode yang sama tiap kalinya hingga tidak menutup kemungkinan siswa jadi jenuh dan membosankan ABSTRACT Febridianti, Annisa. 2019. Analysis of the Application of Democratic Values in Learning Pancasila and Citizenship Education in Class X IPS SMA Negeri 1 Kerinci: Thesis, Department of Pancasila and Citizenship Education, FKIP Jambi University, Supervisor: (I) Drs. Irzal Anderson., M.Si., (II) Dr. Kuswanto, S.Pd., M.Si. Keywords: Analysis, Democratic Values and PPKn Learning The application of democratic principles in Indonesia always experiences ups and downs. Apart from that, there are obstacles in implementing democratic values in Indonesia. The low value of democracy at the educational level requires a democratic mindset to be formed and owned by students from the start, by realizing the importance of applying values democracy. The school environment can set a democratic atmosphere such as In the learning process, the teacher creates an involving learning atmosphere events that are being updated with these activities students are more motivated to take part in learning activities. Apart from that, the school is a forum can provide valuable experience for the student's future. This research aims to describe the application of democratic values in learning Pancasila and citizenship education (PPKn) in class X IPS Kerinci 1 Public High School. This research focuses on the application of democratic values through learning Pancasila and Citizenship Education in class X IPS Kerinci 1 Public High School. The democratic value of learning includes the value of cooperation between students, self-confidence, freedom of opinion, mutual respect and respect dissent. This research was conducted at SMA Negeri 1 Kerinci from March 2023 until completion. This research data was obtained through three stages, namely observation, interviews and documentation. This research uses qualitative methods with this type of research descriptive. The sampling technique that researchers used in this research namely the snowball sampling technique. Data reduction, data presentation and retrieval Conclusion is a data analysis technique that researchers use in this research. The results of this research are SMA Negeri 1 Kerinci in class X IPS 1 and 2 The application of democratic values in Civics learning is not yet completely sufficient Well, this can be seen from the number of students' behavior that has not been done yet reflects democratic attitudes. Student behavior in learning activities in Class X IPS at SMA Negeri 1 Kerinci does not fully comply with the indicators Zamoni, there are several indicators according to Zamoni that students have not been able to apply in the learning process such as cooperation between students who are still in the deficient category well, then also an attitude of respect for opinions between individuals who are still classified not good enough, from this, class X IPS has not fully implemented the values democratic one. So that during the learning process the democratic values are visible highlighted by students is not completely good. On the other hand, the method used The teacher uses the same method every time until it doesn't close the possibility of students becoming bored and boring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis, Nilai Demokrasi dan Pembelajaran PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | FEBRIDIANTI |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 02:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 02:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56472 |
Actions (login required)
View Item |