Efektivitas Pembelajaran Teks Eksposisi Berbasis Pola Argumentasi Toulmin Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi

Asri, Gendis (2023) Efektivitas Pembelajaran Teks Eksposisi Berbasis Pola Argumentasi Toulmin Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
HAL. PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI GENDIS AJENG WINDU ASRI A1B119015 NEW.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berdasarkan masalah yang ditemukan peneliti saat melakukan observasi di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Dalam pembelajaran, siswa masih mengalami kesulitan dalam berargumentasi salah satunya dalam memilih data dan fakta serta referensinya. Oleh karena itu, unutk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran teks eksposisi berbasis Pola Argumentasi Toulmin unutk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kota Jambi, subjek penelitian ini ialah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan yaitu mixed metod dengan desain the explanatory sequintial design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X MP 2 sebagai kelas eksperimen dan X BDP 1 sebagai kelas kontrol dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Pengambilan data pada setiap sampel dilakukan dengan cara pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan). Dengan adanya hasil dari nilai keterampilan siswa menulis argumentasi maka peneliti dapat mengetahui perubahan keterampilan menulis argumentasi pada saat diberikan perlakuan (treatment) dengan tidak diberikannya perlakuan (treatment). Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran teks eksposisi berbasis Pola Argumentasi Toulmin untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa telah sesuai dan berjalan dengan baik. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan softwere SPSS versi 26, diperoleh nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil menulis yang signifikan pada keterampilan menulis argumentasi berbasis pola argument Toulmin pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Jambi. Dengan hasil tersebut menunjukan bahwa adanya efektivitas penggunaan Pola Argumentasi Toulmin (PAT) terhadap keterampilan menulis argumentasi siswa. Penelitian ini dapat memunculkan saran untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran dan juga sangat disarankan untuk melakukan pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, waktu yang tersedia, dan aspek-aspek lain yang relevan dalam proses pembelajaran. This research is based on problems found by researchers while conducting observations at SMK Negeri 1 Jambi City. In learning, students still experience difficulties in arguing, one of which is in choosing data, facts and references. Therefore, to overcome this problem, a learning model is needed that can improve students' argumentation abilities. This research aims to find out how effective learning expository texts based on Toulmin's Argumentation Patterns is in improving the argumentation skills of class X students at SMK Negeri 1 Jambi City.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Winduasri
Date Deposited: 03 Oct 2023 06:34
Last Modified: 03 Oct 2023 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56485

Actions (login required)

View Item View Item