Arbi, Malvin (2023) Pemanfaatan Media YouTube Dalam Pembelajaran Teks Deskirpsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batanghari. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (45kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (58kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (47kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (69kB) |
|
Text
HAL.PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (114kB) |
|
Text
SKIRPSI MALVIN A.A 011 NEW PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran menulis Teks Deskripsi. Setelah peneliti mengamati, manganalisis, menemukan, dan menentukan suatu hal yang menarik untuk dibahas. Peneliti menemukan bahwa guru memanfaatkan video YouTube sebagai media pembelajaran menulis teks deskripsi siswa. Melalui video YouTube yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, diharapkan siswa lebih memahami pembelajaran dan lebih kreatif dalam menulis teks deskripsi pada kelas VII SMPN 2 Batanghari. Jenis penelitian yang digunakan yaitu menggunakan peneliatian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu, primer sebagai data utama berupa tindakan yang diilakukan informan dalam penelitian yang kemudian dicatat dengan catatan tertulis, video atau pengambilan foto dan hasil wawancara. Data sekunder merupakan data pendukung berupa RPP dan hasil menulis teks deskripsi siswa. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah Ibu Gendi Ratni Guru Bahasa Indonesia kelas VII.2 SMPN 2 Batanghari sekaligus yang menerapkan pemanfaatan media YouTube pada penelitian ini dan informan selanjutnya yaitu siswa kelas VII 2. Dengan adanya penelitian ini peneliti dapat menyimpulkan bahwa pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran tersebut dikatakan baik. Guru tersebut mampu memanfaatkan media YouTube dengan maksimal, terlihat siswa yang lebih fokus ketika belajar, dan terbantu dalam menulis teks deskripsi. terdapat beberapa saran terkait pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, yaitu guru lebih memperhatikan video pembelajaran dan video yang dijadikan objek penulisan, agar siswa tidak merasa bosan dan kesulitan dalam menulis teks deskirpsi saat pembelajaran di kelas. Selanjutnya guru melakukan evaluasi terhadap pengalaman menulis siswa yang menggunakan video YouTube sebagai objek penulisan, agar mengetahui permasalahan yang siswa hadapi ketika melakukan penulisan teks deskripsi. This research aims to determine the use of YouTube media in learning to write descriptive text. After the researcher observes, analyzes, finds, and determines something interesting to discuss. Researchers found that teachers used YouTube videos as a learning medium for writing descriptive text for students. Through YouTube videos used by teachers in learning, it is hoped that students will better understand learning and be more creative in writing descriptive texts in class VII SMPN 2 Batanghari.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Arbi |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 06:35 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56487 |
Actions (login required)
View Item |