Nurcahyani, Sabbila (2023) Hubungan Komunikasi Orangtua dengan Konsep Diri Anak di SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
ABSTRAK.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (127kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI SABBILA NURCAHYANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Keluarga merupakan tempat pertama bagi anak dalam melakukan interaksi. Interaksi yang dilakukan antara orangtua dan anak membutuhkan komunikasi. Komunikasi yang terjalin antara orangtua dengan anak memiliki peranan penting dalam membentuk anak, salah satunya adalah membentuk konsep diri anak. Hal tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini yaitu mengungkap (1) Seberapa besar tingkat komunikasi orangtua siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi?, (2) Seberapa besar tingkat konsep diri anak kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi?, (3) Apakah terdapat hubungan yang positif dan berarti antara komunikasi orangtua dengan konsep diri anak kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi?. Penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi dengan jumlah 364 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling sehingga didapati jumlah sampel sebanyak 190 siswa. Untuk mengetahui ketepatan dan keabsahan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, dan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan program SPSS versi 26.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara umum tingkat komunikasi orangtua kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi yang mencakup keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesamaan berada pada kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 63%, (2) Secara umum tingkat konsep diri anak kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Jambi yang mencakup psikologis, sosial, dan fisik berada pada kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 60%, (3) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara komunikasi orangtua dengan konsep diri anak di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Dilihat dari hasil analisis korelasi didapatkan nilai r hitung 0,437 > r tabel 0,1194 dengan tingkat kepercayaan α 0,05, dan melalui perhitungan SPSS Sig sebesar 0.000 < 0.05 sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Kemudian nilai r hitung 0,437 ditafsirkan sebagai korelasi sedang (hubungan memadai). Dalam penelitian ini variabel komunikasi terfokus pada komunikasi antara orangtua dan anak. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya bisa meneliti komunikasi teman sebaya sebagai individu lain yang banyak berinteraksi dengan anak selain orangtua. Dan variabel konsep diri untuk aspek sosial masih terbatas pada lingkungan sosial di sekolah. Bagi peneliti selanjutnya bisa meneliti aspek sosial konsep diri di lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Orangtua, Konsep Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nurcahyani |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 04:11 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56489 |
Actions (login required)
View Item |