Pengembangan Media Game Edukasi Matematika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP

Madani, Kelvin Adi (2023) Pengembangan Media Game Edukasi Matematika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skrpisi Kelvin Adi Madani A1C219044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Madani, Kelvin Adi. 2023. Pengembangan Media Game Edukasi Matematika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I)Drs. Husni Sabil, M.Pd. (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Game edukasi, android, motivasi. Perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi tidak hanya berdampak bagi pola hidup orang dewasa, melainkan juga mempengaruhi semua kalangan termasuk anak-anak sudah fasih dalam menggunakan gadget. Hal ini senada dengan yang dikemukakan oleh Pane dan Najoan (2017, p. 2) bahwa secara umum manfaat yang dapat diperoleh dari game edukasi adalah proses pembelajaran menjadi lebih menarik, lebih interaktif, dan dapat meningkatkan minat belajar anak-anak. (Emda, 2018, p. 175). Motivasi sangat penting artinya dalam kegiatan belajar, sebab adanya motivasi mendorong semangat belajar dan sebaliknya kurang adanya motivasi akan melemahkan semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan media game edukasi matematika berbasis android untuk meningkatkan motivasi siswa sekolah menengah pertama dan untuk mendeskripsikan kualitas media game edukasi matematika berbasis android untuk meningkatkan motivasi siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilakukan di SMPN 28 Batanghari kelas VIII.1 pada tanggal 13 Maret – 13 April 2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tingkat kevalidan dari segi materi adalah 82% (sangat valid) dan tingkat kevalidan dari segi media adalah 77% (valid). Kriteria kepraktisan dilihat dari hasil angket praktikalitas guru dan angket praktikalitas siswa . Tingkat kepraktisan oleh guru adalah 86,4 % (praktis) Dan tingkat kepraktisan oleh siswa adalah 86,13 % (sangat praktis). Kriteria keefektifan dilihat dari angket respon siswa, angket motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar. Tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket respon siswa adalah 89,81%. Tingkat keefektifan berdasarkan hasil angket motivasi belajar siswa adalah 77% yang berarti motivasi belajar siswa telah meningkat. Dari hasil tes hasil belajar yang dilakukan diperolehlah persentase ketuntasan adalah 83,8%.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, android, motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MADANI
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:22
Last Modified: 09 Oct 2023 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56517

Actions (login required)

View Item View Item