PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI HEWAN PERAIRAN DISERTAI CONTOH NYATA UNTUK KELAS X SMAN 2 KOTA JAMBI

KHOLIF RIZKIYAH, SITI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI HEWAN PERAIRAN DISERTAI CONTOH NYATA UNTUK KELAS X SMAN 2 KOTA JAMBI. jurnal PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE PADA MATERI HEWAN PERAIRAN DISERTAI CONTOH NYATA UNTUK KELAS X SMAN 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (101kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Rizkiyah, S.K. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Materi Hewan Perairan Disertai Contoh Nyata untuk Kelas X SMAN 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si, (II) Retni S. Budiarti, S.Pd, M.Si. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Website, Contoh Nyata, Porifera, Coelenterata dan Echinodermata Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 2 Kota Jambi, siswa menyatakan jam pelajaran di sekolah sangat kurang sehingga materi yang disampaikan oleh guru kurang optimal terutama untuk materi Porifera, Coelenterata dan Echinodermata. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis website serta untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap penggunaan Website sebagai media pembelajaran berbasis website pada materi Porifera, Coelenterata dan Echinodermata. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan pada penelitian ini model ADDIE. Tahapan yang dilalui dalam penelitian ini meliputi Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket yang digunakan saat validasi ahli dan uji lapangan.Dari hasil penelitian diketahui bahwa hasil validasi pada media telah dinyatakan layak untuk diuji di lapangan setelah melalui 3 tahap validasi media dan 4 tahap validasi materi. Respon siswa pada uji kelompok kecil memiliki persentase skor keseluruhan sebesar 81,6% dengan kriteria “baik” sedangkan pada uji kelompok besar diperoleh 87,9% dan kriteria “sangat baik”. Respon guru bidang studi memiliki persentase skor 90,6% dan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa respon siswa dan guru terhadap produk media pembelajaran berbasis website pada materi Porifera, Coelenterata dan Echinodermata termasuk dalam kriteria sangat baik. Peneliti menyarankan agar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis website pada materi Porifera, Coelenterata dan Echinodermata saat belajar di kelas atau mandiri. Sehingga lebih mudah memahami materi karena menggunakan contoh-contoh nyata lebih relevan dengan kehidupan siswa dan juga menjadi pelengkap pembelajaran bagi para guru. Untuk penelitian selanjutnya, adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis website dengan memperluas cakupan materi, konten (gambar, video, dan lain lain) atau contoh contoh yang lebih jelas agar mudah di pahami

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI KHOLIF RIZKIYAH
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:00
Last Modified: 02 Oct 2018 08:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5657

Actions (login required)

View Item View Item