PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN CONTOH-CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI SPERMATOPHYTA UNTUK SMA KELAS X

NUR RAHMAH, IBTA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN CONTOH-CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI SPERMATOPHYTA UNTUK SMA KELAS X. jurnal PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DENGAN CONTOH-CONTOH KONTEKSTUAL PADA MATERI SPERMATOPHYTA UNTUK SMA KELAS X.

[img] Text
cover.pdf

Download (174kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmah, Ibta Nur. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web dengan Contoh-contoh Kontekstual Materi Spermatophyta SMA Kelas X: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., (II) Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: media pembelajaran berbasis web, kontekstual, Spermatophyta. Penggunaan media pembelajaran yang masih kurang dalam proses pembelajaran menyebabkan siswa cenderung mudah bosan dan kurangnya termotivasi untuk belajar, sehingga siswa lebih banyak diam dan hanya bebarapa siswa saja yang aktif di dalam pembelajaran. Guru di dalam menyampaikan materi pelajaran sudah sering menggunakan media pembelajaran, namun media pembelajaran yang sering digunakan berupa buku paket, power point, dan LKS. Dengan demikian perlunya dilakukan pengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran yang berbasis web dengan adanya contoh gambar tumbuhan yang sering siswa jumpai di lingkungan sekitar siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web dengan contoh-contoh kontekstual, mengetahui tanggapan guru, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis web dengan contoh-contoh kontekstual pada materi Spermatophyta. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Jambi yaitu pada MIPA kelas X. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang digunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data hasil validasi ahli media terhadap diperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori “layak” yang dinilai berdasarkan aspek desain media pembelajaran, aspek teknis penggunaan, aspek isi/materi, dan aspek manfaat. Data hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori “layak” yang dinilai berdasarkan aspek bahasa dan komunikasi, aspek isi materi, dan aspek umpan balik. Kemudian tanggapan siswa pada ujicoba kelompok kecil dengan melibatkan siswa 10 orang siswa diperoleh persentase sebesar 85,8% dengan kategori “sangat baik” dan tanggapan siswa pada ujicoba kelompok besar dengan melibatkan 35 orang diperoleh persentase sebesar 81,6% dengan kategori “baik” yang dinilai berdasarkan aspek tampilan media, aspek tampilan materi, aspek teknis penggunaan, dan aspek manfaat. Sedangkan tanggapan 2 orang guru biologi di SMA Negeri 5 Kota jambi diperoleh persentase sebesar 89,2% dengan kategori “sangat baik” yang dinilai berdasarkan aspek tampilan media, kebahasaan dan tulisan, aspek kelayakan isi, dan aspek efektifitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penilaian ahli media, ahli materi, tanggapan guru, dan siswa, maka disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web dengan contoh-contoh kontekstual materi Spermatophyta sudah layak digunakan dalam pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ibta Nur Rahmah
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:01
Last Modified: 02 Oct 2018 08:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item