Novianti, Desva (2018) Pengaruh Pemanfaatan Internet dan Kemandirian Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS DI SMAN 1 Muaro Jambi. UNIVERSITAS JAMBI.
Text
BAB 1.pdf Download (122kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (93kB) |
|
Text
cover desva.pdf Download (4MB) |
Abstract
belajar siswa pelajaran ekonomi Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar, terutama faktor internal dan eksternal, yang merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam pendidikan, factor internal yang mempengaruhi hasil belajar berupa dari dalam diri siswa seperti kemandirian siswa, dalam proses belajar belajar kemandirian sangat penting dimiliki setiap siswa terutama seseorang yang sedang menempuh pendidikan di sekolah dimana tinggi rendahnya kemandirian dalam diri siswa sangat menentukan perilaku dalam belajar terutama dalam pembelajaran ekonomi, selain itu factor eksternal yang berasal dari luar salah satunya adalah fasilitas belajar siswa seperti jaringan internet yang memadai, internet sangat penting untuk menunjang sarana belajar bagi siswa untuk mencari informasi tentang materi pelajaran ekonomi dan belajar secara lebih efektif dan bisa menjadi factor pendorong yang sangat kuat untuk membuat siswa bersemangat dan mandiri dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa pelajaran ekonomi. 2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi. 3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifatex-postfakto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi.Instrumen penelitian ini berupa angket, data yang diperoleh dengan menyebar angket kepada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikansi pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan nilai signifikansi 0.002< 0.05, ada pengaruh signifikan kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi dengan nilai signifikasi 0.002< 0.05, ada pengarauh signifikansi pemanfaatan internet dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro jambi dengan nilai F hitung9,140> 3,14 pada signifikansi 0.000 Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan harapan kedepan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi dan masukan bagi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi bisa lebih meningkatkan hasil belajar, dan penelitian ini diharapkan bias menjadi lebih berguna dan bermanfaat untuk penelitian yang selanjutnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DESVA NOVIANTI |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 09:01 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 09:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5661 |
Actions (login required)
View Item |