Shalvadilla, Muthia and Chan, Faizal and Rosmalinda, Desy (2023) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Muthia Shalvadilla.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (131kB) |
Abstract
Shalvadilla, Muthia. 2023. Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar : Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (II) Desy Rosmalinda, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : aktivitas belajar, model pembelajaran, problem based learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 34/I Teratai. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 34/I Teratai masih rendah, dengan hasil observasi aktivitas belajar peserta didik sebesar 40%. Peserta didik merasa bosan saat pembelajaran berlangsung serta model pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif berdampak pada materi yang dipelajari tidak tersampaikan dengan baik pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil melalui lembar observasi pengamatan aktivitas belajar peserta didik dan lembar observasi aktivitas guru menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar peserta didik terlihat dari hasil observasi pada siklus I pertemuan pertama yaitu 46,56% dengan predikat C (cukup), pertemuan kedua kemudian meningkat menjadi 56,56% dengan predikat C (cukup). Meningkat pada siklus II pertemuan pertama skor yang diperoleh adalah 68,75% dengan predikat B (baik) lalu meningkat menjadi 81,24% dengan predikat A (sangat baik). Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 34/I Teratai dapat meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memiliki manfaat bagi penelitian selanjutnya dan menjadi referensi bagi guru dan sekolah dalam penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, model pembelajaran, problem based learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Shalvadilla |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:02 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56616 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |