Upaya Guru Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Manipulatif Pada Siswa Kelas IV SDN 83/I Bajubang

Ningsih, Sri Setia (2023) Upaya Guru Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Manipulatif Pada Siswa Kelas IV SDN 83/I Bajubang. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (648kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa yang dialami oleh siswa kelas IV SDN 83/I Bajubang Tahun Pelajaran 2022/2023 yaitu rendahnya keaktifan belajar siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami rendahnya keaktifan belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN 83/I Bajubang pada April-Mei 2023. Penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah di observasi data pada penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami rendahnya keaktifan belajar. Aktivitas kegiatan belajar siswa didalam proses pembelajaran kurang terlihat, saat pembelajaran sedang berlangsung sebagian siswa asik mengobrol dengan teman sebangku dan bermain tanpa memperhatikan guru yang menyampaikan materi, siswa tidak mau maju ke depan kelas ketika guru memberikan soal untuk melatih kemampuan serta pemahaman mereka, siswa tidak mau mengajukan pertanyaan dan tidak memiliki rasa ingin bertanya kepada guru maupun kepada temannya, siswa tidak ada kemauan untuk bertanya pada teman dan juga ada yang kurang peduli untuk membantu temannya yang kesulitan dalam mengerjakan soal yang sudah diberikan guru, dan saat diskusi kelompok terdapat 1-2 orang siswa yang mengerjakan permasalahan yang diberikan guru, sisanya ada yang mengobrol dan ada yang hanya diam saja kurang memberi masukan ide atau gagasan pendapatnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan media pembelajaran manipulatif papan persegi, papan berpaku, dan papan satuan tangga. Dalam proses pembelajaran ada beberapa langkah-langkah yang dilakukan meliputi membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, menyiapkan media pembelajaran manipulatif, memaparkan materi pembelajaran dengan bantuan media manipulatif, melakukan pengamatan terhadap media pembelajaran manipulatif yang diterapkan, guru memberi kesempatan pada siswa untuk melaksanakan aktivitas bersama kelompok dan guru mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Hal tersebut membuat keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 83/I Bajubang pun meningkat. This research aims to describe the increase in student learning activity experienced by class IV students at SDN 83/I Bajubang for the 2022/2023 academic year, namely the low level of student learning activity and the factors that cause students to experience low learning activity. This research was conducted at SDN 83/I Bajubang in April-May 2023. This research was obtained by observation, interviews and documentation. After observing the data in this research, it was analyzed qualitatively and quantitatively. The research results showed that students experienced low learning activity. Student learning activities in the learning process are less visible, while learning is in progress some students are busy chatting with their classmates and playing without paying attention to the teacher who is delivering the material, students do not want to come to the front of the class when the teacher gives questions to practice their abilities and understanding, students do not want to ask questions and don't have the desire to ask the teacher or their friends, students don't have the will to ask their friends and there are also those who don't care enough to help their friends who have difficulty working on the questions that the teacher has given, and during group discussions there are 1-2 There are students working on problems given by the teacher, the rest are chatting and there are those who are just silent and don't give input on their ideas or opinions. The results of this research show that in the implementation of learning, teachers use manipulative learning media, square boards, nailed boards and step boards. In the learning process there are several steps taken including dividing students into several groups, preparing manipulative learning media, explaining learning material with the help of manipulative media, observing the manipulative learning media being applied, the teacher gives students the opportunity to carry out activities with the group. and the teacher presents the results of the discussion in front of the class. This has increased the learning activity of class IV students at SDN 83/I Bajubang.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran manipulatif, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: NINGSIH
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:09
Last Modified: 13 Oct 2023 07:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56622

Actions (login required)

View Item View Item