Tania, Tania (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
HALAMAN JUDUL COVER.pdf - Published Version Download (26kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version Download (113kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (291kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB I.pdf - Published Version Download (235kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
BAB V.pdf - Published Version Download (112kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (14kB) |
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE CARD PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR)
TANIA _A1D119144 _SKRIPSI_full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Puzzle merupakan bentuk permainan yang menantang daya kreativitas dan ingatan anak lebih mendalam dikarenakan munculnya motivasi untuk senantiasa mencoba memecahkan masalah, namun tetap menyenangkan sebab dilakukan dengan cara diulang-ulang. Media belajar puzzle dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Matematika merupakan pelajaran wajib yang diajarkan di jenjang persekolahan. Tujuan pembelajaran matematika bukan hanya agar peserta didikmampu menyelesaikan soal-soal rutin matematika (soal ulangan harian, ujian semester, ujian nasional, maupun ujian masuk ke jenjang yang lebih tinggi). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media puzzle card pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar, kevalidan media puzzle card pada materi bangun datar untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar, dan kepraktisan media puzzle card dalam materi bangun datar untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Development) dan model yang digunakan dalam pengembangan puzzle card ini adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluate). Hasil penelitian ini didapati bahwa proses pengembangan media pembelajaran berbasis puzzle card pada materi Bangun Datar untuk peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar dilakukan berdasarkan model pengembangan ADDIE dengan tahapan yang sesuai. Kevalidan media puzzle card dari hasil uji kelayakan ahli materi dan ahli media dinyatakan layak digunakan dan diujicobakan. Kepraktisan media Puzzle Card dilakukan uji coba pada kelompok besar diperoleh nilai 1.341 dikategorikan “Sangat Baik”. Pada uji kelompok kecil dengan 6 siswa diperoleh skor kelayakan sebesar 291 dengan kategori “Sangat Baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Puzzle Card, Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | tania |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 06:36 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56627 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |