Meigita, Risa Weni (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VIII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULL 01.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (318kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan masalah yang peneliti temukan pada saat observasi di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Pada saat siswa belajar teks laporan hasil observasi, guru hanya menerapkan metode konvensional/ceramah. Kemudian para siswa diminta untuk mengerjakan tugas sesuai dengan isi teks laporan hasil observasi yang dibaca, namun masih terdapat siswa yang kurang memahami pembelajaran, sebab teksnya terlalu panjang sehingga siswa menjadi tidak fokus. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian dilaksanakan di SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi, subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu, kelas VIII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi dan terdapat empat kelas yang berjumlah 122 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A terdiri dari 30 siswa dan kelas VIII B yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan tes unjuk kerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai model pembelajaran materi teks laporan hasil observasi kelas VIII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi dalam pelaksanaannya telah sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Mulai dari guru melakukan pendahuluan, kemudian ditahapan inti, guru menjelaskan, mengajukan pertanyaan dan menentukan hasil kerja siswa yang akan dibuat, guru membantu siswa menentukan tema, menentukan jadwal pengumpulan hasil kerja, dan pada kegiatan penutup guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan melakukan unjuk kerja siswa maka menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap nilai siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Kata kunci: Pengaruh; Pembelajaran Berbasis Masalah; Teks Laporan Hasil Observasi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh; Pembelajaran Berbasis Masalah; Teks Laporan Hasil Observasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Meigita |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 06:32 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 06:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56631 |
Actions (login required)
View Item |