PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU HILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR

KASLITA, RARA DEYU (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA KARTU HILANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL RARA DEYU KASLITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Teams Games Tournament, Media Kartu Hilang, Berhitung Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Kartu Hilang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas I di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 078/I Teluk Ketapang, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batang Hari. Penelitian ini dilakukan pada bulan April dan Mei 2023. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan pada setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Kartu Hilang terdapat peningkatan kemampuan berhitung siswa yang ditandai oleh data rekapitulasi yang berpedoman pada indikator kemampuan berhitung siswa kelas I. Hasil data awal pada pratindakan yaitu 29,16% memiliki kemampuan berhitung angka 1-20 katagori sangat rendah dan setelah dilakukannya tindakan mendapatkan data pada siklus I pertemuan pertama yaitu 41,66% kemampuan berhitung siswa dan pada siklus I pertemuan kedua yaitu 59.09% mengalami peningkatan 29,93% dari sebelum dilakukannya tindakan dan masuk dalam katagori kurang. Pada siklus II data pertemuan pertama yaitu 77,27% dan data pertemuan kedua yaitu 79,16%. Kemampuan berhitung siswa pada akhir siklus II mengalami peningkatan sebesar 20,07% dari siklus I dan berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Kartu Hilang dapat meningkatan kemampuan berhitung siswa kelas I SD Negeri 078/I Teluk Ketapang. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan pada tiap pertemuan siklus I dan siklus II.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Teams Games Tournament, Media Kartu Hilang, Berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Kaslita
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:46
Last Modified: 10 Oct 2023 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56659

Actions (login required)

View Item View Item