Tri Haryono, Bangkit (2018) KEMAMPUAN MEMUSIKALISASIKAN PUISI DENGAN MEMANFAATKAN GRAGEBAND SISWA KELAS X MIPA VI SMA N 1 MUARO JAMBI. Musikalisasi Puisi, 1 (10). pp. 1-10.
Text
1. Cover.pdf Download (41kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (4MB) |
|
Text
5. Daftar isi.pdf Download (14kB) |
|
Text
8. BAB I.pdf Download (120kB) |
|
Text
12. BAB V.pdf Download (9kB) |
Abstract
ABSTRAK Haryono, Tri B. 2018. Kemampuan Memusikalisasikan Puisi dengan Memanfaatkan Grageband siswa Kelas X Mipa VI SMA Negeri 1Muaro Jambi. Skripsi,. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing skripsi (1) Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M. Hum, Ph.D.(2) Drs. Eddy Pahar H., M.Pd. Kata-kata kunci: kemampuan musikalisasi, puisi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kadar kemampuan dan mendeskripsikan ketepatan serta kesalahan dalam menerapkan unsur-unsur pembangun musikalisasi yaitu (1) kesesuaian vokal, (2) penguasaan penghayatan, (3) kesesuaian irama, (4) penepatan dinamika, (5) keselarasan harmoni dalam kemampuan memusikalisasikan puisi dengan memanfaatkan grageband oleh siswa kelas X Mipa VI SMA N 1 Muaro Jambi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Bertujuan untuk mendeskripsikan tentang suatu keadaan secara objektif dalam suatu deskripsi situasi. Subjek penelitiaannya adalah siswa kelas X Mipa VI SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memusikalisasikan puisi dengan memanfaatkan grageband yang ditinjau dari unsur-unsur pembangun musikalisasi puisi pada siswa kelas X Mipa VI SMA Negeri 1 Muaro Jambi adalah cukup mampu dengan kemampuan menulis narasi 3.08.Kemampuan rata-rata yang diperoleh siswa dalam memusikalisasikan puisi dengan memanfaatkan grageband dalam kriteria unsur pembangun musikalisasi puisi berdasarkan unsur vokal sebesar 2.5. Dari kriteria unsur pembangun musikalisasi puisi berdasarkan penghayatan sebesar 3.3, dari kriteria unsur pembangun musikalisasi puisi berdasarkan irama sebesar 3.5, dari kriteria unsur pembangun musikalisasi puisi berdasarkan dinamika sebesar 3,2, sedangkan dari kriteria unsur pembangun musikalisasi puisi berdasarkan harmoni sebesar 2.9. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bidang studi Bahasa Indonesia. Khususnya guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Muaro Jambi agar lebih meningkatkan kualitas pengajaran dalam memusikalisasikan puisi serta memberikan motivasi untuk berpikir secara kritis terhadap apa yang akan dimusikalisasikan dengan menggunakan berbagai media.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | BANGKIT TRI HARYONO |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:35 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5667 |
Actions (login required)
View Item |