ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TIPE KEPRIBADIAN INFLUENCE BERDASARKAN KERANGKA TEORI APOS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

WININGSIH, DWI ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TIPE KEPRIBADIAN INFLUENCE BERDASARKAN KERANGKA TEORI APOS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. UNJA.

[img] Text
combinepdf.pdf

Download (417kB)

Abstract

Kerangka teori APOS merupakan penjabaran dari aksi, proses, objek dan skema yang dimaksudakan dimuatkan dalam tahapan kemampuan pemecahan masalah matematika untuk siswa tipe kepribadian influence. Siswa kepribadian influence selalu mengalami kesulitan dalam hal ketelitian dan akurasi, sikap ceroboh serta santai cenderung menimbulkan asumsi bahwa siswa influence tidak bisa melakukan pemecahan masalah dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kerangka teori APOS terhadap siswa tipe influence pada materi system persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan hasil lembar tugas pemecahan masalah dan wawancara kepada siswa influence serta kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kerangka teori APOS yang meliputi tahap (1)aksi siswa dalam mengidentifikasi masalah dan memahami masalah, (2) proses siswa dalam menyusun strategi dan melaksanakan penyelesaian masalah, (3) objek jawaban atau hasil jawaban siswa yang didapat dan siswa dapat memeriksa kembali hasil (4)skema pengetahuan siswa yang didapat dengan hasil kesimpulan jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa influence sudah memenuhi setiap tahapan pemecahan masalah berdasarkan kerangka teori APOS, tahap aksi siswa influence memahami masalah soal diperoleh persentase sebesar 66%, kemampuan yang kurang terlihat pada tahap proses siswa menyusun strategi dan melakukan langkah penyelesaian dengan persentase sebesar 33%. Tahap objek jawaban siswa influence yang didapat dipersentasekan tinggi sebesar 86%, tingginya persentase ini karena hasil jawaban siswa sudah benar hanya sedikit kesalahan penulisan. Tahap skema pengetahuan siswa dalam menyimpulkan jawaban sudah baik dipersentasekan 66%. Dapat disimpulkan siswa influence telah mencapai tujuan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan kerangka teori APOS pada materi system persamaan linear dua variable.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DWI WININGSIH
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:41
Last Modified: 03 Oct 2018 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item