Pengaruh penggunaan model problem based learning dan tingkat kepercayaan diri terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XII IPA SMA Negeri 8 Batanghari Pada Meteri Bioteknologi

Helmi, Muhammad (2023) Pengaruh penggunaan model problem based learning dan tingkat kepercayaan diri terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas XII IPA SMA Negeri 8 Batanghari Pada Meteri Bioteknologi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9 (6870). pp. 6871-6876.

[img] Text
b. Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
a. Thesis Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
c. Halaman Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[img] Text
d. Abstrak.pdf

Download (172kB)
[img] Text
e. Bab I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
f. Bab V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
g. Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB)
Official URL: Universitas Mataram

Abstract

ABSTRAK Helmi. M, 2023. Pengaruh Pengunaan Model Problem Based Learning Dan Tingkat Kepercayaan Diri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa kelas XII IPA SMA Negeri 8 Batanghari Pada Materi Bioteknologi. Tesis Program Magister IPA Universitas Jambi, Pembimbing I Prof. Dr. rer. Nat. Drs. Asrial, M.Si, II Ir. Bambang Hariyadi, M.Si., Ph.D Pendidikan merupakan proses menciptakan individu yang kompeten, serta membuat siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis membantu siswa memiliki kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis informasi. Model PBL dapat membantu siswa memecahkan masalah serta memaksimalkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengunaan model Problem Based L earning dan tingkat kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII IPA SMA Negeri 8 Batanghari pada materi Bioteknologi. Populasi pada penelitian ini siswa kelas XII IPA SMA N 8 Batanghari di semester genap bulan Januari sampai Maret tahun ajaran 2022 / 2023, kelas XII IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket percaya diri, intrumen kemampuan berpikir kritis dalam bentuk lembar penilaian pretest, posttest yang divalidasi. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Pretest Posttest Nonequivalent Control Group dengan unit perlakuan adalah factorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dianalisis dengan menggunakan uji ANOVA dua arah dan teknik deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa kelas XII IPA SMA N 8 batanghari. Hal ini terlihat dari nilai kemampuan berpikir kritis memperoleh nilai lebih tinggi yaitu (85,87), sedangkan nilai kelas kontrol dengan skor (78,80). Fakta juga menunjukkan bahwa siswa dengan kepercayaan diri yang lebih baik juga memiliki rata-rata skor kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi (85,32) dibandingkan siswa dengan kepercayaan diri yang lebih rendah (79,34) Hasil uji ANOVA dua arah menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa . Meskipun kurang signifikan, dapat dikatakan bahwa terdapat potensi model pembelajaran dan kepercayaan diri berinteraksi dalam menyebabkan tumbuhnya kemampuan berpikir kritis siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang tepat dan kepercayaan diri yang sesuai dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning), kepercayaan diri, dan kemampuan berpikir kritis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: helmi
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:16
Last Modified: 12 Oct 2023 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56710

Actions (login required)

View Item View Item