Rohani, Anti and Yantoro, Yantoro and SHOLEH, MUHAMMAD (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MUATAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS III B DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (565kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
2019_Skripsi_Anti Rohani_A1D119173.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK Rohani, Anti. 2023. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Muatan Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Pada Siswa Kelas III B Di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar, FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd, (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal cerita, model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan peserta didik kelas III B dalam menyelesaikan soal cerita pada muatan matematika di Sekolah Dasar dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang mana disetiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan terdapat 4 tahapan disetiap pertemuannya yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan observasi menggunakan instrumen kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada muatan matematika dan instrumen aktivitas pendidik dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret serta tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas III B dalam menyelesaikan soal cerita pada muatan matematika. Hasil yang diperoleh dari pra siklus yakni mencapai pesentase keberhasilan sebesar 17,39%, kemudian pada siklus I memproleh persentase keberhasilan sebesar 62,96% dan pada siklus II memperoleh persentase keberhasilan sebesar 76,92%. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwasanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas III B dalam menyelesaikan soal cerita pada muatan matematika, hal ini dapat dilihat dari peningkatan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada muatan matematika sudah mencapai 70% indikator keberhasilannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan menyelesaikan soal cerita, model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media konkret |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rohani |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 03:59 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 03:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/56770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |